PendidikanRiauRohul

UPP Rohul Buka Seleksi Penerimaan Calon Rektor Priode 2020-2024 

Kampus Unisversitas Pasir Pangaraian (UPP) Rohul, Riau

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Jabatan Rektor Unisversitas Pasir Pangaraian (UPP) Rohul priode 2016-2020 akan berakhir Oktober mendatang, pihak UPP Rohul membuka seleksi calin Rektor baru untuk masa jabatan 2020-2024.

Saat ini UPP Rohul dipimpin Rektor Kelahiran Tambusai, Dr Adolf Bastian, M.Pd. yang sudah berhasil membranding kampus UPP menjadi kampus Teknopreneur, kampus pengusaha sukses, sehingga siapapun nantinya yang menjabat Rektor yang dipilih senat universitas serta dapat kepercayaan Yayasan harus mampu melanjutkan visi baru UPP menuju kampus Teknopreneur 2035.

Ketua Panitia penerimaan seleksi Rektor UPP, Rise Karmila.SH.M.Hum mengakui pemilihan Rektor nantinya melewati sejumlah tahapan seleksi, dimulai dari seleksi adminstrasi, penyampaian visi dan misi, pemungutan suara senat, pertimbangan yayasan sampai penerbitan SK dan pelantikan.

“Saat ini kita baru umumkan ke publik tentang informasi penyaringan calon Rektor UPP, berikut dengan tahapan dan prasyarat yang harus dipenuhi calon atau peminat dari seluruh wilayah Indonesia dan lebih jelasnya bisa lihat di web pilrek.upp.ac.id ,” jelasnya.

Rise juga menjelaskan, ada beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki seorang calon Rektor UPP, yakni Berkewarganegaraan Indonesia, sehat jasmani dan rohani, berpendidikan minimal bergelar doktor dan berpangkat akademis Lektor Kepala, memiliki integritas, komitmen, dan kepemimpinan yang tinggi. Kemudian memiliki kreativitas untuk pengembangan potensi UPP, berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi; berusia maksimal 60 tahun pada saat dilantik menjadi Rektor sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Syarat lainnya, bebas dari kepentingan politik, ekonomi, maupun kepentingan pihak di luar UPP lainnya yang bertentangan dengan kepentingan UPP; dan tidak pernah ditetapkan menjadi terdakwa atas dugaan melakukan tindak pidana yang diancam pidana penjara paling singkat 5 tahun.

Rise juga menambahkan, bagi yang memenuhi persyaratan dan serius ingin mencalonkan diri maka dapat mengirimkan dokumen, serta mengisi formulir pendaftaran (sesuai form yang disediakan), foto copy KTP, surat Keterangan Sehat, Ijazah S-3 dan atau Lektor Kepala, pas foto berwarna ukuran 4×6 (2 lembar), fotocopy SK Setingkat Dekan/Kepala Lembaga/Kepala Badan/Eselon II di pemerintahan.

Surat Persetujuan Pimpinan Instansi Tempat Bekerja, Curriculum Vitae (sesuai form yang disediakan), karya Tulis (sesuai form yang disediakan) dan surat pernyataan (sesuai form yang disediakan).

“Sejauh ini sudah ada sejumlah calon yang meminta informasi kebenaran pengumuman panitia, bahkan ada calon yang berasal dari kampus di Sumbar dan pulau Jawa,” tambah Rise

Rise berharap, nantinya siapapun Rektor  yang terpilih dapat membawa UPP menjadi lebih baik, berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan UPP dapat diwariskan dari generasi ke generasi penerus bangsa khususnya generasi muda Rohul. ***(Alfian Tob)