KesehatanPemerintahanRohul

Hasil Sweb ke 3 dan 4 Negatif, ES Warga Rohul Dinyatakan Sehat Kini Masih di Jakarta

PASIR PANGARAIAN- Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), berkoordinasi dengan pihak Pemerintah DKI Jakarta, terkait perkembangan tuan ES (56).
ES warga Ujung Batu, Rohul, Provinsi Riau semula dinyatakan positif COVID 19, namun ES sudah dinyatakan sehat, kimi dirinya masih di Jakarta sedangkan anaknya BA (20) yang juga positif, dirawat di ruang isolasi RSUD Rohul
Itu disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas Penangan COVID 19 H.Sukiman, melalui keterangn resmi juru bicara (jubir) COVID 19 Drs.Yusmar.M.Si dalam keterangan reami, di media Center Tim Gugus Tugaa COVID 19 Rohul, Minggu (12/07/2020) pukul 17.02 WIB.
Yusmar menambahkan, tuan ES berdasarkan Surat Keterangan Dokter Penanggung Jawab Pasien, RS. Darurat Penanganan COVID 19 Wisma Atlet Kemayoran, yang di ketahui Koordinator RS. Darurat Penanganan COVID 19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Kolonel Laut (K). dr. R.M. Tjahja Nucrobu, M.Kes Sp.OT(K) Har dengan Nomor. SKB/1894/VII/2020/RSDCWS tanggal 12 Juli 2020.
“Setelah dilaksanakan test swab ke 3 terhadap tuan ES di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta hasilnya Minggu (12/7/2020) dinyatakan negatif. Kemudian keterangan resmi mereka, Tuan. ES, beralamat di Dusun Marunda, Cilincing Jakarta Utara (rumah anaknya red), yanh bersangkutan sudah dinyatakan bebas COVID 19,” jelas Yusmar.
Sebut Yusmar, berdasarkan hasil pemeriksaan 2 kali test Swab PCR COVID 19 tanggal 4 Juli 2020 dan 8 Juli 2020 ES dinyatakan negatif. Namun yang bersangkutan masih tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumah di Jakarta, terhitung tanggal 12 hingga 25 Juli 2020 mendatang
“Menanggapi simpang siur informasi yang berkembang, dengan ini kita luruskan dan Insya Allah. Setelah melaksanakan isolasi Mandiri di Jakarta dan kembali ke Rohil nantinya akan diterima oleh Pemkab Rohul dan masyarakat sebagaimana biasanya,” ungkap Yusmar.
Data Tim Gugus Tugas Covid-19 atau Corona Virus Desease atau Covid-19  Pemerintah Kabupaten Rohul, sesuai Rekap Surveilens Covid 19 RSUD, Dinas Kesehatan, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rohul serta data  seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa se Kabupaten Rohul.
Orang Dalam Pemantauan (ODP) total 8.564 orang, dengan status masih dipantau 242, selesai pemantauan 8.322 orang, ODP baru 12 orang, bertambah ODP di pantau 3 orang, selesai di pantau15 orang.
Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada penambahan PDP baru. Total PDP 71 orang, selesai perawatan 69 orang, masih di rawat 2 orang, 1 di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Positif diisolasi 1 orang di RSUD Rohul.
“Pasien status positif 4 orang
dengan rincian 3 orang sudah dinyataka  sehat, status Positif 1 orang kini masih
diisolasi. Dimana 1 orang yang baru sehat, yakni tuan ES. berdasarkan hasil sweb ke 3 dan ke 4 negatif.
Mengatisipasi serta pencegahan wabah bencana non alam, di daerah perbatasan masih dilaksanakan pemeriksaan
dan terus sosialisasi pelaksanaan New Normal. Dihimbau ke warga tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan.
“Kenakan masker, jaga jarak, hindari
keramaian atau berkumpul, cuci
tangan dengan sabun serta air mengalir, menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat,” jelas Yusmar. (Hendra)