PemerintahanRohul

Perdana di Kecamatan Bangun Purba, Desa Pasir Agung Bagikan Dana BLT-DD ke Masyarakat

ROKANHULU, Riauandalas.com – Pemerintahan Desa Pasir Agung menaja acara sosialisasi pencairan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada masyarakat bertempat di ruang balai desa, jalan Brigjen Slamet Riyadi, Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jum’at (15/5/2020) siang.

Kepala Desa Pasir Agung, Siswanto dalam sambutannya mengatakan, “Wabah pandemi covid-19 telah membuat perekonomian masyarakat terganggu untuk itu Pemerintahan Desa telah diberi bantuan besar oleh Presiden RI melalui Kemendesa untuk mengalokasikan dana Desa dengan memberikan BLT DD kepada masyarakat karena dampak Covid-19,” terangnya.

“Dana ini sebenarnya berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang bersumber dari pajak yang telah dibayarkan oleh masyarakat. Kami dari Pemerintahan Desa Pasir Agung sangat mendukung Program Pemerintah Pusat, Pemprov Riau dan Pemkab Rohul terkait penyaluran dana BLT DD ini,” ujar Siswanto.

“BLT DD ini nantinya akan diberikan kepada 130 orang KK sebesar Rp 600 ribu dan akan diberikan selama tiga bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat,” ulasnya.

“Bapak/Ibu sekalian sudah di verifikasi sebanyak tiga kali oleh petugas yang bertujuan agar jangan terjadi tumpang tindih dengan penerima bantuan program yang lainnya. Mohon pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” tutup Kepala Desa Pasir Agung.

Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Rokan Hulu Abdul Manaf Latif, M.Kom mengatakan, “Dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian masyarakat membuat Pemerintah Pusat melalui Kemendesa memberikan kewenangan kepada Pemerintah Desa untuk menyalurkan dana BLT DD kepada masyarakat yang tergolong miskin,” urainya.

“Untuk Kabupaten Rokan Hulu ada beberapa desa yang telah menyerahkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa kepada penerima manfaat yakni Desa Ali Antan Kecamatan Tandun, Desa Giti Kecamatan Kabun dan Desa Pasir Agung yang merupakan desa pertama di
Kecamatan Bangun Purba,” ungkap Manaf.

Dari pantauan AuraNEWS.co.id pada sosialisasi dan penyerahan dana BLT DD tampak hadir Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Rokan Hulu Abdul Manaf Latif, M.Kom, Kepala Desa Pasir Agung Siswanto, Sekdes Pasir Agung Dwi Marsuwun, Bhabinkamtibmas Desa Pasir Agung, Pendamping Desa (PD) P3MD Endro Prayitno, Pendamping Lokal Desa (PLD) Jaloan serta ratusan masyarakat penerima manfaat dana BLT DD.

Penulis: M. Syari Faidar