KesehatanPemerintahanRiau

Pemprov Riau Operasikan Labkesda Covid-19

Setdprov Riau Tinjau Ruangan Isolasi RSUD

PEKANBARU, Riauandalas.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai operasikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Riau untuk penanganan coronavirus disease (Covid-19).

Labor yang ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad tersebut akan diawali dengan pemeriksaan masyarakat yang masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Riau di Riau.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, pihaknya akan segera menyampaikan kepada seluruh rumah sakit yang menangani PDP Covid-19 untuk segera mengajukan swab pasien untuk dilakukan pemeriksaan. Dimana untuk pengajuan swab tersebut RSUD juga sudah mengirimkan prosedur pengajuan tes.

“Yang pasti untuk tahap awal kita utamakan pada warga yang sudah masuk dalam PDP Covid-19,” kata Yovi. Senin (20/4).

Selain PDP, kata Yovi, pemeriksaan awal juga akan diutamakan pada petugas kesehatan khusunya petugas yang menangani pasien Covid-19. “Setelah itu baru kita prioritaskan pada kontak tracking pasien PDP yang dinyatakan positif. Dan terakhir adalah semua orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP),” jelasnya.

Sebelumnya ia juga menyampaikan, jika polymerase chain reaction (PCR) ada dua peralatan. Dimana dua alat itu mampu melakukan pemeriksaan minimal 60 hingga 100 swab setiap hari. Untuk itu diharapkan dengan adanya PCR ini Riau bisa lebih cepat melakukan pendeteksian terhadap Civid-19 di Riau.

“Sesuai informasi sebelumnya, PCR ini mampu menangani atau memeriksa minimal 60 swab setiap hari. Kita berdoa dengan dioperasikannya alat ini kita bisa lebih cepat melakukan pendeteksian dan menangani kasus Covid-19 di Riau,” harapnya

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, dengan adanya alat PCR ini, Provinsi Riau sudah bisa melakukan tes virus Corona secara mandiri, tanpa harus mengirim sampel ke pusat. Adapun alat PCR yang itu memiliki kapasitas untuk menguji 60 hingga 100 swab per hari.

“Yang pastiin saat ini kita berharap semua berjalan lancar dan semua permasalahan terkait Covid-19 di Riau bisa ditangani dengan maksimal,” tuturnya.