Berita utamaLingkunganRohil

MTQ 2021 Pemkab Rohil Handalkan Icon Baru, Bupati Rohil Bangga Rusli Sarief.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir memberikan masyarakat edukasi menjadikan icon baru sambutan terhadap tamu di ajang MTQ provinsi Riau Di Rokan Hilir Tahun 2021.

 

Icon yang dijadikan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir ini merupakan program Holtikultura  melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian yang saat ini sudah melakukan Penanaman, seperti buah – buahan dan sayur – sayuran dilahan seluas 3 Hektar di depan Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian itu sendiri di kawasan Perkantoran Batu Enam.

 

Sebelumya Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno AMp Mengatakan hari ini bersama rombongan melakukan peninjauan di lokasi icon sesuai yang di canangkan oleh Dinas Ketahanan pangan dan pertanian dilahan berhampiran dengan bekas Balai Wartawan.

 

Bupati menjelaskan, buah yang akan ditanami terdiri dari Melon, Jambu, Labu, Sangkis dan jenis tanaman lainya termasuk juga berbagai sayur sayuran Di lahan seluas 3 Hektar yang sudah di olah dan tingal menunggu proses. namun selain penanaman ini, juga di buat beberapa kolam yang nantinya bakal akan di isi berbagai jenis ikan.

 

“konsep ini sengaja di buat seperti dalam rangka menyambut kepercayaan Bapak Gubernur Riau kepada Pemerintah Rokan Hilir yang di tunjuk sebagai tuan rumah MTQ Riau 2021 mendatang Tentu kita harus tampil beda dengan Kabupaten Kota yang lain,”Ujar Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno AMp didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, H Rusli Sarief S Sos, Asisten III, Plt Sekda M.Job Kurniawan, AP, M.SI, H Ali Asfar, Plt Kadis Kominfotik, H Hermanto, S.Sos Dan M.Nasir Kabag Protokol kepada Wartawan Pamtauriau news Com Jum’at 17 April 2020 dilokasi yang sama.

 

“Begitu bersemangat dengan MTQ ini, Pak Wan Rusli yang di percayai sebagai Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian ini dinilai beliau – betul bisa membawa nama baik Rokan Hilir di bidang pertanian dan apa yang kita lakukan ini akan kita sajikan ke Pak Gubernur dan tetamu dari luar daerah nantinya saat MTQ,”tambahnya.

 

Jika apa yang di canangkan ini jadi, kata Bupati Suyatno tentu saja akan menjadi kebanggaan tersendiri lantaran kalau dibayangkan di lahan seluas 3 hektar itu ada tanaman buah-buahan yang begitu menarik pastinya Rokan Hilir tidak lah  sebuah daerah yang Gersang melainkan daerah yang menjanjikan menghasilkan.

 

“nanti akan kita buktikan. Saya percaya pada Kadis ini akan berhasil tetapi keberhasilan ini tidak bisa dilakukan pihak terkait sendiri Tentu harus di bantu oleh pemerintah daerah dan pihak swasta mungkin dalam membuat Icon baru ini,”pungkasnya.

 

Sementara itu kadis Pertanian Ketahan pangan dan Pertanian Rohil ,H.Wan Rusli Sarief ,Sos mengatakan Dimusim Covid 19 himbauan pemerintah daerah Rokan Hilir meminta Untuk Stay At Home, mari kita pergunakan waktu , dan  Diam dirumah bukan berarti kita tidak beraktifitas.

 

“Sebagai contoh Kodim mereka memanfaatkan lahan berlumpur 4 hektar sebagai lahan pertanian dan berhasil dengan tanaman padinya,”Ujarnya.

 

Rusli Sarief mengatakan tidak tertutup kemungkinan bagi masyarakat yang rajin punya lahan sedikit ingin bercocok tanam seperti Dinas Pertanian ini jika diterapkan disetiap perkaranga inilah yang menjadi harapan pemerintah.

 

“Sebagai contoh di jalan Pulau Baru, ada sebuah rumah gubuk kok halamannya bersih, Dia ongok tanah dihalaman rumahnya di tanami Cabe dan sayur dan itu berhasil. Padahal halaman rumahnya gak sampai 10 meter lo,”Ucap Wan Rusli Sarief sambil memberikan saran.(Said)***