PemerintahanRohil

Pelatihan Koperasi, Bupati Rohil Tegaskan Tingkatkan Mutu Pengembangan.


Rokan Hilir, Riau Andalas Com –  Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggelar pelatihan pengembangan manajemen koperasi angkatan I  Jumat 13 Maret 2020, di Hotel Kesuma Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Pelatihan pengembangan koperasi itu di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H Suyatno Amp dan hadir kepala Dinas koperasi dan UMKM H Wazirwan Yunus, sedangkan narasumber kegiatan ini berasal koperasi provinsi Riau serta para peserta pelatihan pengurus koperasi.

Dalam Kesempatannya, Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H Suyatno Amp mengatakan, bahwa pelatihan pengembangan manajemen koperasi itu sangat penting lantaran sudah banyak koperasi-koperasi yang telah berhasil , untuk itu jangan sampai manajemen koperasi itu tidak bagus.

“Kalau koperasi nya bagus tapi  manajemen nya tidak bagus itu artinya sama saja,”katanya.

Bupati mengatakan, di agenda pelatihan koperasi tersebut 18 Kecamatan koperasi yang tumbuh dan berkembang hadir semua.

“Saya menekankan kepada pengurus koperasi Rohil, banyak potensi Rohil yang perlu kita kembangkan, Ini peran koperasi juga, koperasi harus mengadakan rapat tahunan,”Saran Bupati.

Sebab lanjut Bupati, kalau kita tidak melaporkan perkembangan koperasi melalui dinas terkait yaitu Dinas koperasi otomatis hasilnya kurang baik, tetapi laporan koperasi itu harus lengkap,”Ini ada kaitannya dengan manajemen koperasi, banyak koperasi – koperasi yang tidak melapor dengan adanya pelatihan ini, koperasi yang ada akan membuat laporan bulanan dan tahunan,”Tegas Bupati Suyatno.

Ditempat yang sama Kadis Koperasi dan UKM Rohil wazirwan Yunus,S.Sos,M.Si mengatakan pelatihan yang diselengarakan ini untuk melatih para pengurus koperasi supaya lebih baik lagi dalam mengurus manajemen baik itu dalam laporan keuangan maupun dalam administrasi.

Menurutnya tata kelola koperasi tersebut harus berperan aktif kalau  tidak aktif bagaimana koperasi ini bisa berkembang karena koperasi ini menggerakkan sektor perekonomian masyarakat.

“kita berharap seluruh koperasi yang ada di Rokan Hilir ini bisa lebih baik, berkembang, maju dan sejahtera anggota dan perekonomian masyarakat,”harapnya.

Wazirwan Yunus menjelaskan, Sebagian besar pengurus koperasi yang baru mengatakan, 60 peserta pengurus koperasi dilatih selama dua hari.

“60 peserta ini dibagi menjadi dua angkatan supaya fokus pada saat pelatihan, hari ini 30 peserta satu narasumber begitu juga hari selanjutnya,” Tandasnya.(Said)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *