advertorialGaleriPemerintahanRohul

Kunjungi Korban Banjir, Bupati Sukiman Langsung Berikan Bantuan kepada Warga Pawan

ROKAN HULU,Riauandalas.com – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, meninjau langsung masyarakat Dusun Pawan, sekaligus menyalurkan bantuan kepada Para korban banjir serta meninjau kawasan pasca banjir di Pawan Desa Rambah Tengah Hulu (RTH) Kecamatan Rambah. Kabupaten Rokan Hulu Senin (25)11/2019) Pagi.

Bupati bersama rombongan pengurus dari Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul, Sekretaris BPBD Rohul, pihak Disos P3A Rohul, Kepala Dinas PUPR Anton,Kadishub Andianto, Camat Rambah Fatahnalia Putra, Kades RTH Adlis, serta perangkat desa RTH, dan ratusan masyarakat.

Bupati dengan mengenakan sepatu boat, turun langsung ke genangan air sisa sisa banjir kemarin, akibat luapan sungai Pawan yang sempat merendam ratusan rumah warga yang jaraknya bederkatan dengan aliran sungai hingga mencapai  kedalaman  1 hingga 2 meter yang terjadi Pada Minggu (24/11/2019) malam.

Bupati Sukiman menyerahkan bantuan secara simbolis 100 paket sembako dari PMI Rohul terdiri 5 kg beras,1 kg minyak goreng, 1 kg gula pasir, 6 bungkus mie instant dan ada juga 168 bungkus bantuan makanan tambahan untuk balita dan untuk ibu hamil 60 kotak.

Selain itu, bantuan dari Dinsos P3A berupa Mie instant, minyak goreng, sarden dan air mineral ditambah dari BPBD Rohul Family Cid (handuk, sabun, selimut dan peralatan mandi anak, Diskes Rohul bekerjasama UPTD Puskesmas Rambah, juga membuka posko pengobatan gratis bagi masyarakat Pawan yang terserang penyakit pasca banjir.

Bupati menginggatkan seluruh masyarakat Rohul yang bermukim di tepian sungai, agar selalu waspada terhadap bencana banjir, karena saat ini tingginya curah hujan di Rohul yang menyebabkan banjir kapan saja terjadi.

Bupati meminta, Pasca banjir masyarakat agar melakukan gotong royong membersihkan lingkungannya dari sampah yang hanyut terbawa banjir. Selain itu, pasca banjir biasanya penyakit kerap datang juga diharapkan masyarakat membersihkan lingkungannya sehingga terbebas dari penyakit ” Pintanya.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Bupati Sukiman bersama Kadis PUPR Anton, melihat kondisi jembatan Pawan pasca diterjang banjir. Bupati meminta agar Anton, segera membangun turap ditepi sungai dari hulu hingha ke hilir jebatan Sungai Pawan, karena sebagian tanah warga sudah tergerus air banjir.

“Tolong nanti anggarkan, untuk bangun turap penyanggah tebing. Nanti rumah warga hanyut ke sungai, apalagi sisi bagian tepian sungai sudah abrasi terbawa arus sungai banjir,” kata Bupati ke Anton.

Batuan yang disalurkan baik dari PMI,Disos, Diskes, dan BPBD sementara ditiitpkan di kantor desa RTH yang nantinya disalurkan pihak desa langsung ke warga korban banjir. Sedangkan untuk jumlah bantuan, nantinya akan disesuaikan dengan jumlah warga Pawan yang terimbas korban banjir, kini pihak desa dan BPBD masih mendata warga korban banjir Pawan. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *