advertorialBerita utamaGaleriPekanbaruPemerintahan

Tahniah HUT Kota Pekanbaru ke- 235, Wawako : “Semoga Kota Pekanbaru Semakin Maju”

 

 

PEKANBARU,Riauandalas.com- Bertempat dihalaman kompleks kantor Walikota Pekanbaru, Jalan Badak, Kecamatan Tenayan Raya, pemerintah  Kota Pekanbaru mengelar apel hari jadi Kota Pekanbaru ke- 235 tahun 2019 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 28. Senin (24/06/2019)

Dalam apel itu terebut, bertindak sebagai pembina upacara Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi. Turut hadir dalam acara tersebut,Wakil ketua DPRD kota Pekanbaru, Sigit Wayono, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Muhammad Fadjar. Kepala BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger. Dandim 0301/PBR, Letkol Inf Andri Sulistiwan, Kadispers Lanud RN Pekanbaru, Letkol Pnb Dedi Supriyanto, Kapolresta Pekanbaru, Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Para Kadis jajaran Pemko Pekanbaru, Unsur Forkopinda Pekanbaru, tamu dan undangan lainnya.

Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi mengatakan, selamat ulang tahun ke-235 Kota Pekanbaru tahun 2019,membuat Kota Pekanbaru kedepan semakin maju. Ia juga menginginkan masyarakat Kota Pekanbaru yang sehat jasmani dan rohani, sehingga terciptanya masyarakat yang cerdas. Sejarah Kota Pekanbaru berawal dari perdagangan yang berkembang menjadi pasar yang tumbuh hingga saat ini, dalam bahasa Melayu arti dari Pekan adalah Pasar.

”Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh pegawai untuk bekerja untuk mengayomi masyarakat dalam memberikan pelayanan. Selain itu, hari ini juga bertepatan dengan HUT Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke-28, maka saya mengajak kepada seluruh orangtua, bahwa peran kita sangatlah menentukan untuk kemajuan generasi kedepannya,” harap Ayat. Dijelaskan Ayat.

Danrem 031 WB : Selamat Hari Jadi Kota Pekanbaru

Danrem 031/WB Brigjen TNI M.Fadjar, MPICT Turut Hadir Dalam Ulang Tahun Ke-235 Yang Di Laksanakan Di Perkantoran Walikota Pekanbaru Di Kecamatan Tenayan Raya. Saat Di Temui Beberapa Awak Media, Danrem 031/WB Mengucapkan Selamat Ulang tahun Ke 235 Kota Pekanbaru, Semoga Kota Pekanbaru Menjadi Kota Yang Besar Dengan Tetap Menjadikan Budaya Melayu Sebagai Landasan.

Semoga Kota Pekanbaru semakin maju dan berkembang. Sejalan dengan Visi Riau 2020 yakni Riau sebagai pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Hal ini juga sejalan dengan terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai pusat ekonomi serta Memberikan Pelayanan Kepada Publik Khususnya Masyarakat Kota Pekanbaru. Memberikan Rasa Aman, Nyaman Dan Tenteram. Usai Upacara Memperingati HUT Ke – 235, Di Laksanakan Pemberian Penghargaan Kepada Kecamatan Yang Berprestasi Serta Masyarakat Yang Berhasil Mengharumkan Nama Pekanbaru.

Menyambut Hari Jadi Pekanbaru ke 235, Walikota Pimpin Aksi Bersih Sungai Siak

Menyambut Hari Jadi Pekanbaru ke 235, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pekanbaru dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan Aksi Bersih Sungai Siak.

Aksi bersih ini diadakan dimulai dari Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru hingga Rumah Singgah Tuan Kadi.Dalam  Acara ini dihadiri oleh Walikota Pekanbaru, Forkopimda Pekanbaru, Kepala Dinas/Instansil/Badan Pekanbaru, Balai Wilayah Sungai III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh peduli lingkungan dan dibuka oleh Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi.

Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Pekanbaru diketahui saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan. Sungai Siak merupakan sungai yang paling dalam di Indonesia, namun DAS (Daerah Aliran Sungai) Siak saat ini termasuk DAS kritis, kawasan rawan bencana banjir dan longsor, erosi, dan pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran.

Salah satu yang mencemari Sungai Siak adalah sampah (organik dan non organik) serta tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok. Untuk itu perlu dilakukan sebuah aksi yang melibatkan semua pihak dalam aksi bersih ini, ucap Sekda dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru memberikan perahu fiber kepada Forum Batang Siak, yang merupakan kelompok masyarakat peduli sungai serta bibit pohon kepada seluruh masyarakat dan peserta aksi bersih sungai.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan aksi bersih sungai yang dipimpin oleh Walikota Pekanbaru. Dengan perahu karet BASARNAS, Walikota Pekanbaru bersama tim membersihkan gulma yang ada di sepanjang tepian sungai Siak. Aksi ini juga dilakukan oleh Tim lainnya menggunakan perahu karet dari BPBD serta perahu masyarakat sekitar. Selain di sungai juga dilakukan aksi bersih di sempadan sungai Siak oleh ASN, petugas kebersihan, komunitas, dan berbagai stakeholder lainnya.

Aksi bersih sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih sungai Siak.

“Untuk itu, kami selaku panitia pelaksana aksi bersih ini kamu sangat mengapresiasi partisipasi aktif tamu undangan dan masyarakat yang hadir untuk mensukseskan aksi bersih sungai Siak ini,” terang Elmawati, Sekretarias Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru.

Nama Pekanbaru Dahulunya Dikenal Dengan Nama “Senapelan” Yang Saat Itu Dipimpin Oleh Seorang Kepala Suku Disebut  Batin. Daerah Ini Terus Berkembang  Menjadi Kawasan Pemukiman Baru Dan Seiring Waktu Berubah Menjadi Dusun Payung Sekaki Yang Terletak Di Muara Sungai Siak.

Perkembangan Senapelan Sangat Erat Dengan Kerajaan Siak Sri Indra Pura. Semenjak Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah Menetap Di Senapelan, Beliau  Membangun Istana Di Kampung Bukit dan Diperkirakan Istana Tersebut Terletak Disekitar Lokasi Mesjid Raya Sekarang. Sultan Kemudian Berinisiatif Membuat Pekan Atau Pasar Di Senapelan Namun Tidak Berkembang. Kemudian Usaha Yang Dirintis Tersebut Dilanjutkan Oleh Putranya  Raja Muda Muhammad Ali Yang Bergelar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah Meskipun Lokasi Pasar Bergeser Di Sekitar Pelabuhan Pekanbaru Sekarang.

Akhirnya Menurut Catatan Yang Dibuat Oleh Imam Suhil Siak, Senapelan Yang Kemudian Lebih Popular Disebut Pekanbaru Resmi Didirikan Pada Tanggal 21 Rajab Hari Selasa Tahun 1204 H Bersamaan Dengan 23 Juni 1784 M Oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah Dibawah Pemerintahan Sultan Yahya Yang Kemudian Ditetapkan Sebagai Hari Jadi Kota Pekanbaru.

Hal Tersebut Merupakan Sejarah Singkat Berdirinya Kota Pekanbaru Dan Tepat Pada Tanggal 23 Juni 2019 Kota Pekanbaru Merayakan Hari Ulang Tahun Ke -235 .(Adv Pemko/Hen)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *