INHIL

Warga Kecamatan Kemuning Keluhkan Anjloknya Harga Kelapa Sawit

Petani Sawit

Kemuning,Riau Andalas.com-Petani Kelapa sawit di Kecamatan kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, saat ini tengah mengeluhkan soal harga jual tandan buah segar sawit yang terus menurun. Sebelumnya, buah segar sawit biasa laku dijual melebihi dari Rp1000 per kilogram. Namun kini, harganya hanya Rp 800 per kilogram.

“Sekarang harganya turun sebesar lebih Rp 200 per kg, dari sebelumnya, ujar Pak Fitri simarmata petani sawit warga Desa Keritang.(2/8/18)

Diketahui, petani di Desa Keritang, biasa menjual tandan buah segar kelapa sawit kepada pedagang pengumpul buah sawit di wilayah setempat. Lalu pedagang setempat, akan menjual buah sawit petani ke pabrik kelapa sawit(PKS)

Terkait dengan kondisi turunnya harga sawit, Pak Fitri Simarmata menyebutkan mayoritas petani di wilayahnya kecewa dengan harga jual tandan buah segar kelapa sawit turun, padahal produksi buah sawit petani setempat sedang naik.

“Sekarang, tanaman kelapa sawit milik petani setempat telah lepas dari musim “Trek” atau musim sedikit berbuah, namun harga sawit malah turun,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bagaimana petani setempat bisa merawat kebun kelapa sawitnya dengan harga jual serendah sekarang ini karena petani setempat harus mengeluarkan dana operasional lebih untuk penyemprotan, serta pemupukan tanaman kelapa sawit.

Untuk itu, keuntungan yang diterima oleh petani setempat sangat minim dan sedikit. Ia hanya bisa berharap,kepada pemerintah agar harga jual buah kelapa sawit di wilayah itu bisa naik ,agar kebutuhan dapat terpenuhi,pungkasnya

***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *