KesehatanPemerintahanRohul

Percepatan Akreditasi, RSUD Rohul, Dibimbing Langsung RSPAD

ROKAN HULU, Riauandalas.com– Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul, dapat bimbingan langsung dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

RSPAD ditunjuk Kementrian Kesehatan dan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), untuk memberikan bimbingan ke RSUD Rohul, guna percepatan persiapan Akreditasi, Rumah Sakit milik Pemkab Rohul.

Dikatakan Direktur RSUD Rohul Novil Raykel, Minggu (15/7/2018) sore menyebutkan, ditunjuknya RSPAD sebagai pembimbing dalam percepatan Akreditasi RSUD, merupakan kehormatan skaligus keuntungan bagi RSUD Rohul.

Karena, selama ini RSPAD memang dikenal sebagai rumah Sakit type A bertaraf Internasional. Juga sudah dipercaya sebagai rujukan tertinggi dalam melayanai pelayanan kesehatan untuk Presiden, Pejabat Negara, jajaran pejabat TNI, prajurit TNI AD, Pegawai Negeri Sipil, serta masyarakat umum.

Kemudian, di dunia internasional, RSPAD juga jadi salah satu Rumah Sakit yang diperhitungan dan sudah dua kali meraih Sertifikat  JCG (Joint Comsition Internasional).

“Ini merupakan  kehormatan, sekaligus keuntungan bagi Rohul. Berharap, dengan adanya bimbingan dari RSPAD, maka akan berpengaruh terhadap pengatahuan kita dalam peningkatan pelayanan, sehingga kedepannya pelayanan  RSUD paling tidak bisa mengadopsi apa yang telah dilakukan RSPAD,”  harap Novil.

Kata Novol lagi, bimbingan yang dilaksanakan oleh RSPAD bagi RSUD Rohul, sudah berlangsung sejak 4 Juli hingga tanggal 14 Juli 2018 lalu.  Dalam bimbingan tersebut, RSPAD mengirimkan sejumlah tenaga medisnya yang masih aktif, seperti KOl CKM dr Donny Aldian Spm MARS, Susilawati SKM MARS, kol Didin Syaifudin MARS, Letkol Lorensia MARS,. dan lainnya.

“Bimbing dari RSPAD secara marathon selama seminggu, dan sudah memberikan bimbingan khusus ke 15 Pokja Akreditasi RSUD. Bimbingan yang diberikan terkait peningkatan mutu dan keselamatan pasien, kefarmasian dan pengobatan, pengendalian dan pencegahan Infeksi termasuk tata kelola keuangan khusnya untuk jasa Medik”

Selain diberikan bimbingan yang bersifat presuasif, pembimbing dari RSPAD juga berikan masukan yang sifatnya membangun sesuai apa yang dilakukan RSPAD. Bahkan, para pembimbing dari RSPAD juga melakukan penulursan kestiap lini pelayanan RSUD.

“Mereka mengakui, memang harus banyak pembenahan. Terutama terhadap prilaku dan budaya kerja dalam melayani pasien. Dari saran tersebut, kita sudah mulai melakukan, pembenahan mulai dari hal kecil, seperti kebersihan ruang kerja, serta menciptakan komunikasi kerja yang efektif dan produktif baik dengan pasien atau rekan kerja,” terang Novil.

Kemudian, dalam sosialisasi dan implementasi yang diberikan Pembimbing RSPAD, harus dilakukan secara progresif masiv dan terstruktur sesuai yang diteapkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS),” tambah Novil.

Walaupun masih terdapat beberapa kelemahan, para Pembimbing RSPAD secara eksplisit menilai, baha manajemen serta insan kesehatan di RSUD memiliki semangat tinggi dalam meningkatkan layanan.

Terutama, dalam hal peningkatan layanan di RSUD yang mendapatkan dukungan penuh dari Bupati Rhul H.Sukiman.Sebagai Pimpinan daerah itu merupakan sebuah modal untuk menjadikan RSUD Rohul sebagai rumah sakit berpredikat Paripurna

“RSPAD juga mengundang kita dan Bupati Rohul ke Jakarta, untuk melihat langsung pelayanan di RSPAD. Ini merupakan sebuah kehormatan dan kesempatan kita untuk mengambil ilmu dan mengimplementasikan layanan RSPAD di RSUD Rohul,” harapnya.

***( Alfian Tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *