INHIL

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Dikeritang Dimeriahkan Dengan Wayang Kulit


Inhil,Riau Andalas.com-Bertempat dilapangan H Darmawan.R Desa Kerirang ,Kecamatan Kemuning,Kabupaten Indragiri Hilir, acara Pergelaran wayang kulit dalam rangka untuk mensosialisasi empat pilar, yang disosialisasikan oleh anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar, Idris Laena.

Dalam kesempatan itu, Idris mengatakan, sosialisasi Empat Pilar dilakukan lewat beragam cara dan metode.

“Pagelaran wayang kulit ini merupakan sarana sosialisasi lewat seni dan budaya,” ujar pria yang juga sebagai Ketua Badan Anggaran MPR itu.

Di hadapan ratusan penggemar wayang kulit di Kecamatan Kemuning, Idris mengungkapkan acara itu digelar di Desa Keritang, wilayah yang terbilang pelosok, karena penduduk Indonesia di manapun tempatnya sekarang beragam, terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan agama.

“Kita bersyukur dari Sabang hingga Merauke, keutuhan bangsa bisa kita jaga tanpa mengalami gesekan yang berarti,” ujarnya.

Lebih lanjut dalam sambutan sosialisasi, Idris menyatakan betapa pentingnya sebagai warga negara kita meningkatkan nilai nilai kebangsaan.

“Kita memiliki Pancasila, UUD Negara Indonesia Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, ” ujarnya. “Dari Empat Pilar itulah kita berbeda-beda tapi tetap satu,” tambahnya.

Dalam pagelaran wayang kulit dengan lakon Noro Yono Widi Sudho itu, Kepala Biro Humas Setjen MPR RI, Siti Fauziah, menyebut acara itu diselenggarakan sebagai salah satu upaya melestarikan kebudayaan daerah. “Dalam pertunjukan kita sisipkan nilai-nilai Empat Pilar,” paparnya.

Saat pertunjukan, menurut Siti Fauziah, dalang akan menyampaikan pesan-pesan Empat Pilar dengan bahasa yang mudah dihayati.

“Selanjutnya kita harapkan pesan yang disampaikan diamalkan dalam kehidupan keseharian,” harapnya

Ditempat yang sama Kepala desa Keritang mengucapkan terimaksih kepada pihak MPR RI karena sudah melaksabakan kegiatan itu di Desanya.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bapak dan ibu dari MPR RI ,karena sudah melaksanakan pergelaran ini di desa Keritang ,selain kami biasa mengerti tentang 4 Pilar ini ,juga masyarakat desa Keritang bisa terhibur dengan hiburan wayang kulit ini.

***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *