PekanbaruPemerintahan

Pemko Optimis Raih Adipura


PEKANBARU, Riau Andalas. com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berbenah terhadap penanganan sampah di lingkungan masyarakat. Langkah yang dilakukan Pemko Pekanbaru tidak terlepas dari gagalnya meraih penghargaan Piala Adipura beberapa waktu lalu.
Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Pekanbaru, Hadianto.
Salah satu langkah perubahan yang dilakukan Pemko Pekanbaru dalam menangani masalah sampah , kata Hadianto dengan mengajak masyarakat ikut bergotong royong dan melibatkan pihak swasta.
“Memang Kita akui gagalnya Pemko Pekanbaru meraih Piala Adipura karena perubahan indikator yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu,  agar Adipura kembali didapat Pekanbaru, Pemko Pekanbaru terus melakukan pembenahan,” ujar Hadianto.
Selama ini kebersihan kota telah dilakukan oleh pemerintah, sementara induk penilaian itu ada sama masyarakat. Jadi Walikota Pekanbaru terus menggerakan masyarakat agar melakukan gotong royong dan menjaga kebersihan kota.
Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Zulfikri, ‘mengatakan sulitnya meraih predikat sebagai Kota Terbersih di Indonesia. Jika sebelumnya Pekanbaru berhasil meraih penghargaan Piala Adipura, sejak dua tahun belakangan ini Pekabaru selalu gagal meraih Adipura.
“Selama ini kan masyarakat selalu bertanya, kenapa di tahun-tahun sebelumnya Pekanbaru bisa meraih Piala Adipura, kok sekarang tidak bisa. Saya jelaskan disini, jika penilaian kebersihan yang lalu itu hanya di titik-titik tertentu saja. Sekarang sudah tidak lagi karena dinilai secara acak baik perkantoran, jalan dan puskesmas,” sebut Zulfikri.

Dikatakan Zulfikri, tidak hanya tim penilai yang melakukan penilaian secara acak, gagalnya Pekanbaru meraih Piala Adipura yang terakhir di dapat tahun 2014 lalu disebabkan karena cueknya masyarakat terhadap keberadaan sampah di Kota Pekanbaru.
“Meskipun penanganan sampah menjadi tugas pemerintah, tapi keterlibatan masyarakat untuk menjaga kebersihan juga dinilai. Apalagi kalau masyarakatnya cuek terhadap keberadaan sampah di lingkungannya. Ini yang sulit Kota Pekanbaru bisa kembali meraih Adipura. Maka dari itu kita minta masyarakat agar patuh dan tidak membuang sampah sembarangan,” harap Zulfikri(hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *