PemerintahanRohil

Mengenal H.Suyatno Part 2 Perjalanan Karir Alumni Pamong Praja.


BAGANSIAPIAPI,Riau Andalas Com-Dikenal sebagai sosok yang ramah dan mudah akrab dengan siapapun, Suyatno semasa kecilnya sampai ia menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Umum dilalui ditempat kelahiranya di Pulau Bengkalis.Pria yang berperawakan jangkung ini, semasa mudanya menggeluti olahraga Voly Ball memulai karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil Golongan II/a pada Kantor Kesbangpol Kabupaten Bengkalis.

Pada tahun 1995 ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Tugas Belajar di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri(APDN)Riau di Pekanbaru.Setamatnya dari APDN, H. Suyatno mendapat kepercayaan untuk mengisi Jabatan Lurah Kota di Kecamatan Bangko(Bagan Siapiapi)yang saat ini sebagai Ibukota Kabupaten Rokan Hilir.
Melihat potensi yang dimilikinya dalam menyiapkan berbagai acara yang relatif tergolong besar.

Bupati Bengkalis yang kala itu di jabat oleh H.Azali Johan ,H. Suyatno untuk diposisikan sebagai Kepala Sub Bagian Analisa Kebutuhan,Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis.Bergulirnya era Reformasi yang diantaranya melahirkan undang-undang Nomor 53 Tahun 1999 Tentang Pemekaran Kabupaten,termasuk didalamnya pemekaran Kabupaten Bengkalis yang dipecah menjadi 3 Kabupaten,yaitu Kabupaten Kepulauan Meranti,Kabupaten Siak dan Kabupaten Rokan Hilir.

Kabupaten Rokan Hilir yang beru terbentuk dan dipimpin oleh PJS Bupati H. Wan Syamsir Yus, meminta kesediaan H. Suyatno memperkuat struktur Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, H. Suyatno diposisikan sebagai Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hilir.Selain dari tugas pokoknya di Bagian Umum, H. Suyatno juga diminta kesediaannya untuk memperhatikan dan membimbing kegiatan-kegiatan Bagian lain pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hilir.

Mencermati keberadaan Kecamatan Bagan Sinembah, dengan komposisi penduduknya yang sangat heterogen dan berpotensi terjadinya gesekan-gesekan dan konflik antar kelompok masyarakat,maka diperlukan sosok seorang Pimpinan Pemerintah Kecamatan yang mudah diterima oleh berbagai kelompok dan golongan, maka Bupati Rokan Hilir yang kala itu dijabat oleh H.Wan Thamrin Hasyim memandang sosok H.Suyano yang paling pas akan kondisi tersebut, maka H. Suyatno diposisikan sebagai Camat bagan Sinembah.

Beberapa tahun berselang ia dimutasikan untuk menempati Kepala Bagian Sosial yang saat ini sebagai Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra).Dari berbagai unit organisasi yang pernah dikepalainya,dan kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan, menjadi pertimbangan utama bagi H. Annas Maamun memilih dan memimnta kesediaan H. Suyatno untuk mendampinginya sebagai pasangan calon Wakil Bupati Rokan Hilir yang maju pada pemilihan Kepala Daerah dan Waklil Kepala Daerah Rokan Hilir Tahun 2006 – 2011.

Dari pemilukada terserbut pasangan H. Annas Maamun – H. Suyatno mengungguli empat pesaing lainnya.
Dari berbagai program pembangunan, terutama program peningkatan SDM, peningkatan pelayanan dibidang kesehatan serta pembangunan infrastruktur yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan, dan hal itu pulalah yang meyakinkan masyarakat untuk memilih dan mengantarkan H.Annas Maamun – H. Suyatno terpilih kembali pada Pemilukada 2011 -2016.

Sejak dari awal menapaki karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil Golongan II/a hungga ia terpilih sebagai Wakil Bupati Rokan Hilir dua priode, berbagai problematika dibidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan telah ia lalui, dan dengan kondisi itupulalah kemampuan H. Suyatno terus diasah dan hingga saat ini H. Suyatno menjabat sebagai Bupati Rokan Hilir, yang dalam bekerja H. Suyano lebih suka menerapkan manajemen dan pola kepemimpinan bersifat partisipatif, yang menurutnya setiap pegawai / pejabat baik secara individu maupun sebagai bagian dari organisasi dan institusi penyelenggaraan urusan pemerintahan telah memahami terhadap hak dan kewajibannya sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat dan kesemuanya itu akan dipertanggungjawabkan tidak saja kepadanya selaku pimpinan pemerintahan, akan tetapi juga kepada negara, bangsa dan juga kepada masyarakat.

Baginya menjadi pemimpin haruslah didasari atas panggilan moral dan mengabdikan diri kepada Negara, Agama dan Masyarakat,dan hal ini yang harus tumbuh bagi setiap Pegawainya disetiap tingkatan. Begitu harapnya.
BIODATA :

1. N a m a : H. Suyatno.
2. Tempat Tgl Lahir : Bengkalis, 21 Juni 1957.
3. Agama : Islam
4. Alamat : Jln. Madrasah RT 14 / RW 04 Kel. Bagan Timur
Bagan Siapiapi.
5. Nama Istri : Hj. Wan Mardiana.
6. Anak : (1). Arie Sumarna. (2). Ade Sumarna. (3). Tiara Sumarna.
7. Cucu : 1. Muhammad Irham Suhamda.
RIWAYAT PEKERJAAN :
1. Staf pada Kantor Kesbangpol Kab. Bengkalis Tahun 1990
2. Lurah Bagan Kota Tahun 1989 s/d 1992.
3. Kasubbag Analisa Kebutuhan Setda Kabupaten Bengkalis Tahun 1993 s/d 1995.
4. Kabag Sospol Setda Kab Bangkalis Tahun 1995 s/d 2000.
5. Kabag Umum Setda Kab. RokanHilir Tahun 2000 – 2003.
6. Camat Bagan Senembah Tahun 2003 s/d 2004.
7. Kabag Kesra Setda Kab. Rokan Hilir Tahun 2004 s/d 2006.
8. Wakil Bupati Rokan Hilir Tahun 2006 s/d 2011.
9. Wakil Bupati Rokan Hilir Tahun 2011 s/d 19 Februari 2014.
10. Plt. Bupati RokanHilir 19 Februari s/d 23 Maret 2014.
11. Bupati Rokan Hilir dari 24 Maret 2017 s/d Sekarang.
Humas & Protokol Pemkab Rohil.(said)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *