KesehatanPekanbaruPemerintahan

27 Desember, RSUD Pekanbaru Segera Diresmikan

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Jika tak ada halangan, Pemerintah Kota Pekanbaru akan meresmikan pengoperasional Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru yang ada di Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Tampan.”Diperkirakan akan dilauncing pada tanggal 27 Desember nanti. Setelah diresmikan, maka rumah sakit tersebut akan melayani masyarakat,” ungkap Asisten I Setda Azwan MSI saat melakukan peninjauan di rumah sakit tipe c tersebut.

Dijelaskan Azwan, memang secara fisik, saat ini progres RSUD yang dibangun dengan sistem multiyears itu baru 95 persen. Lantaran masih ada beberapa item yang belum selesai pembangunannya seperti kamar mayat, dapur umum, wastafel serta kloset.
“Wastafel dan kloset nanti kita sediakan yang portable untuk sementara,” sebut Azwan Azwan menerangkan, sedangkan tenaga kesehatan, seperti dokter, tenaga adminstrasi dan sebagainya sudah disiapkan sebanyak 70 orang. “Tenaga kesehatan ini diambil dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan OPD lainnya. Makanya semua itu akan kita siapkan,” ujar Azwan.


Ditambahkan Azwan, pengoperasian RSUD Pekanbaru ini tidak akan semegah yang diharapkan. Namun, pada intinya bisa melayani masyarakat dengan baik dan maksimal.
“Karan pak wali berpesan yang penting rumah sakit beroperasi dulu. Jadi bisa segera melayani masyarakat yang ingin berobat,” sebut Azwan.
Disebutkan Azwan, untuk
kebutuhan obat-obatan sendiri, maka Pemko Pekanbaru akan mengambil dari Diskes, Puskesmas, dan Poliklinik. Sementata itu pada anggaran 2018 mendatang akan diganti semua obat yang telah terpakai.
“Begitu juga alkesya memang sudah ada yang kita beli sebagian. Hal itu, termasuk ambulance juga sudah tersedia.dan sementara disimpan dan akan dikembalikan saat soft launching nanti,“ ungkapnya.
Terakhir Azwan menjelaskan untuk tahap awal ini, pengoperasian RSUD tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp3 miliar. Sedangkan pembangunan RSUD ini sendiri dimulai sejak tahun 2015 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *