PemerintahanRohul

Sikapi Cuaca Ekstrim Di Riau‎,Ini Kata Kepala Pelaksana BPBD Rohul

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  – Sikapi cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa daerah se Provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) minta agar seluruh masyarakat Rohul dapat meningkatkan Kewaspadaan bencana yang bisa datang kapan saja.

Karena, peningkatan kewaspadaan dini sangat penting hal itu guna mengurangi resiko Bencana.

“Kita himbau ke  masyarakat, tingkatkan kewaspadaan karena bencana bisa saja hadir sewaktu waktu. Itu dibutuhkan kewaspadaan dalam rangka menjauhkan dari hal -hal yang menyebabkan kerentanan terjadinya kecelakaan dan korban resiko bencana,” terang   kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul Aceng Herdiana ST. MM kepada Wartawan Rabu (8/11/2017) sore kemarin.

Katanya lagi, walaupun saat ini belum ada Informasi resmi dari Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca Ekstream di Rohul yang berdampak terhadap timbulnya potensi bencana, Aceng menyatakan, kearifan lokal masyarakat rohul, biasanya sudah mengetahui bahwa jelang akhir tahun yang diwarnai curah hujan tinggi sering sekali menyebabkan terjadinya bencana seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor.

“Kearifan lokal otomoatis masyarakat sudah harus bersiap siaga mulai kini, seperti mulai mempersiapkan diri, apa saja yang harus mereka lakukan jika seandainya  bencana alam itu terjadi.”

“Banjir tidak bisa ditolak, begit juga angin puting beliung dan tanah longsor, tetapi yang bisa kita lakukan sekarang adalah bagiamana mengurangi resiko bencana dan kerugian akibat bencana itu dengan meningkatkan kewaspadaan dini,” jelas Aceng.

Pemetaan BPBD Rohul, Lanjut Aceng, beberapa daerah yang menjadi langganan bencana Angin Puting beliung yakni Kabun, Ujung Batu, Rambah Hilir, Rambah, Rambah Samo, Tambusai, Kecamatan Kepenuhan, dan Kecamatan Kepenuhan Hulu.

Kemudian, untuk kecamatan rawan banjir seperti kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, Tandun, Kabun, Pagaran Tapah Darusalam, Kunto Darussalam, Bonai Darussalam, Kepenuhan,  kepenuhan hulu dan bangun purba.

Disinggung kesiapan BPBD Rohul lakukan penanggulangan bencana, Aceng mengaku,  pihaknya telah siap baik personil, peralatan ataupun logistik. Saat ini pihaknya sudah menyiapkan logistik seperti makanan siap saji, beras, minyak goreng dan paket sandang yang bisa langsung disalurkan jika bencana terjadi sewaktu-waktu.

“BPBD tentunya siap siaga sesuai kemampuan, kita siap 24 jam berikan bantuan ke masyarakat. Bila ada tanda akan segera terjadi bencana maka kita juga berharap agar masyarakat segera melaporkan ke BPBD, sehingga tim kita bisa segera datang ke lokasi untuk memberikan bantuan,” harapnya **( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *