NasionalPekanbaruPemerintahanPendidikan

Pemko Raih Anugrah Kihajar dari Kemendikbud

Terpilih Sebagai Kepala Daerah Berprestasi Kembangkan TIK

JAKARTA, Riau Andalas.com – Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus ST.MT menerima Anugerah Kihajar 2017 sebagai kepala daerah berprestasi dalam pengembangan Teknologi dan Komunikasin(TIK)
untuk Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Jenderal Sudirman,Senayan Jakarta .Kamis (16/11) lalu.
Dalam paparanya, Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus ST.MT mengatakan , Pemerintah Pusat melalui Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang Kreatif dan Inovatif dalam meningkatkan proses mengajar kepada siswa /i dengan menggunakan Ilmu Teknologi ini akan membantu proses mengajar mulai dari penerimaan siswa yang secara Online maupun Ujian Nasional Online. Pemerintah Telah Menerapkan Ilmu Teknologi untuk membantu proses belajar dan berinteraksi.

“Pemerintah Kota Pekanbaru akan menggunakan Teknologi yang berbentuk Smart Card Bagi sekolah-sekolah ,” ujar Firdaus.
Diterangkan dengan Smard Card ini tentunya akanempermudah interaksi antara skolah, murid dan orang tua dan akan mengontrol bagi siswa/i bersekolah serta bisa memberikan laporan kepada orang tua.
Sementara itu, dalam kesempatan ini Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy Menyerahkan Anugerah Kihajar Kepada Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus ST.MT
Turut hadir dalam acara ini Sekretarris Daerah Kota Pekanbaru Mohd.Noer MBS, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M.Jama Maladi, anggota DPRD Kota Pekanbaru, Perwakilan Kapala Sekolah serta guru yang kreatf dan inovatif.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan H Abdul Jamal Mpd menjelaskan bahwa  Walikota Pekanbaru mendapat  penilaian sangat tinggi dari tim penilai dan Tim Seleksi Anugerah Kihajar 2017, karena  tingginya perhatian Walikota terhadap dunia pendidikan dengan dibuktikan besarnya porsi anggaran pendidikan dalam APBD Kota Pekanbaru  yang mencapai 35 persen dalam APBD setiap tahunnya.
“Walikota Pekanbaru juga dinilai memiliki prestasi yang sangat baik dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  untuk Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana program-program ini  sudah merupakan bagian dari proses dan penerapan visi mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani,” ungkap Jamal.
Disebutkan Jamal bahwa program Smart Card Madani yang juga akan diperuntukan bagi anak-anak  sekolah  baik di bidang data,  fasilitas  dan juga informasi yang terintegritas, menjadikan poin penting dalam menetapkan Walikota Pekanbaru sebagai Kepala Daerah yang berprestasi dalam pengambangan TIK bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Visi Kepala daerah  yang memang terkait langsung dengan pengembangan TIK. Kemudian pencapaian penerapan smart government yang sudah berjalan telah memberikan ketetapan bagi tim seleksi memilih Walikota Pekanbaru sebagai Kepala daerah penerima Anugerah Kihajar 2017,’’ ungkap Jamal dengan rasa syukur.(hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *