Berita utamaNasional

Walikota Pekanbaru sampaikan LPJ APEKSI Komwil 1 Sumatera

PADANG Riauandalas –  Walikota Pekanbaru, H. Firdaus, selaku sekretaris APEKSI Komwil I Sumatera menyampaikan laporan pertanggung Jawaban akhir jabatan kepengurusan periode 2012-2015, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), di acara Musyawarah Komisariat Wilayah Satu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), di Padang, Jum’at (24/4). Dalam agenda ini  ada lima acara yang di lakukan pada Jum’at, setelah pembukaan dan ramah tamah di gelar Kamis.

    Pertama sidang pendahuan, lanjut pembahasan jadwal acara, tata tertip dan pemilihan calon ketua.
Sidang pleno berangendakan, membagi komisi jadi tiga. komisi A, B, dan C.

     Pada laporannya, Walikota menyampaikan, beberapa program kerja yang telah dilakukan pengurus selama ini, yakni kerjasama antar daerah. Saling tukar menukar informasi dalam menciptakan peluang investasi daerah telah dapat ditempatkan. Terutama dalam menghadapi MEA.

       Khusus di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi, dan sebagainya. Peningkatan kapasitas pemerintah dilaksanakannya rekomendasi pemerintah pusat pemilihan kewenangan pengelolaan bbnkb/pkb dan PDAM dari provinsi ke kota.

Advokasi dan regulasi Merekomendasikan ke pemerintah pusat agar dilakukan advokasi dan perlindungan hukum terhadap kepala daerah dan aparatur lainnya.

     Informasi dan komunikasi telah dilaksanakannya hubungan antar pemerintah dan masyarakat, pemerintah dengan dunia usaha baru melalui sistem teknologi informasi.

Infrastruktur dan lingkungan hidup‎ Pelaksanaan tertib tata ruang (pemanfaatan dan pengendalian ruang perkotaan).

       Walikota Padang, Mahyaldi, dalam pidatonya mengatakan, dengan mengoptimalkan peran birokrasi dalam percepatan investasi daerah di era masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, kebangkitan kota-kota di Sumbagut menjadi besar.

     “Mari sukseskan Musyawarah Komisariat Wilayah Satu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI)”.    Ia mengatakan APEKSI ini  mengambil thema ‘Mengoptimalkan Peran Birokrasi dalam Percepatan Investasi Daerah di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015’.

     Dalam Pelaksana Muskomwil I Apeksi dihadiri seluruh pengurus panitia yakni Wali Kota dari lima provinsi yang tergabung dalam komisariat wilayah I, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

    “Sejumlah acara Muskomwil tahun ini, seperti penanaman pohon dan pelepasan penyu di Danau Cimpago, Pantai Padang, pembukaan Padang Fair,” ungkap wako Padang, Sumatera Barat, Kamis (23/04/2015).   Selain itu, lanjutnya, acara yang berlangsung pada 23 hingga 25 April 2015 ini akan mengadakan diskusi-diskusi publik.

     Dirinya, berharap dalam diskusi itu menteri dapat menjadi bagian dalam acara Muskomwil I Apeksi ini.‎
“Diupayakan  Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi) serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI sebagai narasumber,” Singkatnya

                Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT seusai memimpin sidang menjelaskan kepada wartawan bahwa APEKSI tersebut adalah wadah komunikasi para Walikota di Sumatera dalam pengembangan program dan pendekatan pembangunan daerah, tujuan akhirnya tentu peningktan kesejahateraan daerah dan masyarakat. (hms/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *