PekanbaruPemerintahan

Gurning : Pemko Berharap Kemendagri Bangun Pusdiklat di Pekanbaru


Lahan Seluas 12 Hektar Tl Disiapkan di Tenayan Raya

PEKANBARU, Riau Andalas. com – Hingga saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru berharap pendirian Pusat Pelatihan Pemadam Kebakaran (Pusdiklat) dibangun di Kota Pekanbaru. Sementara itu untuk mewujudkannya sudah disiapkan lahan seluas 12 hektar di wilayah Kecamatan Tenayan Raya.
Kepala Badan Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (BPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan,  pihaknya masih menanti akan dibangun Pusdiklat tingkat Nasional tersebut.
Dikatakan Gurning, selain itu  pihaknya masih terus melakukan pendekatan terhadap Kemendagri supaya segera menetapkan lokasi Pusdiklat Damkar di Kota Pekanbaru.
“Kita masih berharap Pusdiklat bisa dibangun di Kota Pekanbaru, lahannya sudah kita siapkan. Bahkan, kita belum dapat kepastian tentang pengalihan fungsi kampus IPDN akan dijadikan Pusdiklat Damkar dan Satpol-PP. Sampai kini kita masih melobi dan berharap bisa dibangun di Kota Pekanbaru,” ujar Burhan.
Ditangguhkannya rencana pembangunan Pusdiklat tersebut, kata Burhan lantaran saat ini di Kementerian Dalam Negeri sedang terkendala masalah keuangan karena rasionalisasi anggaran.
Padahal di Pusdiklat itu nantinya tidak hanya ada akademi, tapi juga sekaligus pelatihan yang diberikan sertifikat kepada peserta.
Dijelaskan Burhan, bicara pengusulan meminta pembangunan Pusdiklat di Pekanbaru sudah lama disampaikan pihaknya ke Kemendagri, sebagai bukti kesiapan Pemko sudah menyiapkan lahan cukup luas. Intinya sejauh ini, Pemko masih terus melakukan pendekatan- pendekatan agar pembangunannya tetap bisa dilaksanakan di Kota Pekanbaru.
“Jika Kemendagari menyetujui pembangunan Pusdiklat di Pekanbaru otomatis ini yang pertama dibangunkan untuk wilayah Sumatera. Sementara dua lainnya berada di Kalimantan dan juga Lombok,” sebut  Burhan.
Sebelumnya, Pemerintah Pusat berencana akan membangun PPPK di wilayah Sumatera tepatnya pada tahun 2016 ini, peninjauan lokasi untuk dijadikan rencana pembangunan juga sudah dilakukan. Pusat Pendidikan Pelatihan Pemadam Kebakaran adalah sekolah ikatan dinas yang juga berada di bawah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Juga merupakan sekolah pertama yang ada di Indonesia, tidak hanya di Pekanbaru sekolah yang sam juga akan dibangun di Kalimantan dan Lombok.
Untuk pembangunannya, sesuai perencanaan Pemerintah Daerah hanya diminta menyediakan lahan seluas 10-20 Ha, sedangkan pembangunan fisik akan dilaksanakan sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Untuk itulah meyakinkan pemerintah pusat agar sekolah itu dibangun di Pekanbaru sangat diperlukan.
“Kita sangat perlu meyakinkan Pemerintah pusat agar pembangunan sekolah ini bisa diadakan di Pekanbaru, karena kita menilai ini sangat bermanfaat. Tidak hanya kita, daerah lain juga banyak yang berminat,” harap Gurning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *