Bisnis&EkonomiLingkunganRohul

CPO PKS Sei Intan Di Duga Bocor dan Cemari Anak Sungai Rokan

ROKAN HULU, Riau Andalas. com   -Sejumlah warga dibikin heboh, setelah anak Sungai Rokan di Desa Kembang Damai, Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) secara tiba-tiba ai sungai berubah hitam dan berbuih.

Bahkan belakangan diketahui, penyebab air menghitam karena diduga kuat bocornya Crude Palm Oil (CPO) yang berasal dari PKS Sei Intan yang beroperasi tidak jauh dari sungai.

Sejumlah warga Senin (20/11/2017) mengakui, bocornya minyak mentah atau CPO dari PKS berplat merah diduga terjadi, Kamis (16/10/2017) kemarin. Mereka yang mengetahui hal itu langsung menuju ke lokasi dan sempat mengambil sample air yang terkontaminasi CPO.

“Kami tidak tau apakah ada indikasi kesengajaan atau kelalaian. Jelasnya kejadian itu berdampak kepada pencemaran lingkungan dan menyebabkan kerugian negara, soalnya perusahaan ini milik negara,” jelas sejumlah warga, yang juga akui anak sungai yang tercermar bermuara ke Sungai Rokan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hen Irfan melalui Kabid Pengawasan Asdinoper saat ditanya wartawan mengakui, tidak mengetahui kejadian itu. Meski demikian, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mendatangi pihak perusahaan.

“Sejauh ini belum ada laporan, kita akan coba tindak lanjuti, karena ini menyangkut dampak lingkungan,” kata Asdinofer via telepon selulernya.

Masinis Kepala (Maskep) PKS PTPN V Sei Intan, Tengku Hajar yang dikonfirmasi wartawan menyatakan, dirinya tidak mengetahui adanya kebocoran di saluran pengolahan CPO itu. Menurutnya, sejauh ini belum mendapatkan informasi dari karyawan di Pabrik.

“Tidak ada kebocoran, kalau ada informasi itu mungkin hanya disebarkan oknum yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Hajar saat dihubungi melalui selulernya, Senin (20/11/2017). ** ( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *