Bisnis&EkonomiPekanbaruPemerintahan

Bank BNI Serahkan 9000 Smart Card ke Diskominfo


Percepatan Smart City Madani

PEKANBARU, Riau Andalas. com – Setelah melakukan kesepakatan untuk  percepatan menuju smart city madani sesuai dengan visi dan misi walikota Pekanbaru, pihak dari Bank BNI menyerahkan smart card madani (kartu pintar red) kepada pihak Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru.
Penyerahan itu langsung diberikan oleh pimpinan bisnis Bank BNI Agus Otter dan diterima Kepala Bidang penyelenggaraan e-government Endra Trinura di Kantor Diskominfo Statistik dan Persandian, Kamis (23/11).
Menurut Agus Otter bahwa  penyerahan smart card  kepada pihak Diskominfo.Statistik dan Persandian ini merupakan sebagai pilot projek dan tahapan pertama. Karena dengan diserahkan smart card ini, maka  akan bisa digunakan oleh ASN sebagai identitas dan pelayanan di berbagai fungsi.
“Jadi dengan adanya penyerahan smart card ini, tentu bisa digunakan dalam kehdupan sehari-hari. Sebab smart card ini sangat banyak manfaatnya, baik untuk pembayaran dan berbagai pelayanan,” ungkap Agus.
Dijelaskan Agus diharapkan dengan telah diberikannya smart card ini kepada pihak Diskokimfo sebanyak lebih kurang sembilan ribu buah, maka  para ASN yang ada di Pemko Pekanbaru bisa mengunakan smart card ini.”Setelah diberikan smart card ini,  maka Diskominfo bisa menularkan kepada OPD -OPD yang ada, sehingga kedepannya bisa juga mengunakan smart card ini.

Selain itu, Diskominfo sebagai pelopor dalam perceapatan smart city. Karena program ini merupakan visi dan misi walikota Pekanbaru,” ungkap Agus.
Sementara itu Plt Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru  Firmansyah Eka Putra ST MT melalui Kepala Bidang penyelenggaraan e-government Endra Trinura kepada wartawan Kamis (24/11) mengatakan, bahwa penyerahan smart card ini tahap awal yang diberikan oleh pihak Bank BNI kepada Diskominfo Pekanbaru. Sementara itu, smart card yang diberikan ini akan diserahkan kepada ASN yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru.

“Untuk tahap awal ini ada sembilan ribu buah. Jadi kartu pintar ini banyak manfaatnya. Selain bisa digunakan untuk jati diri bisa juga untuk pembayaran serta pelayanan publik lainnya,” ungkap Endra.

Dijelaskan Endra, selain itu setelah tahap awal ini, maka kedepan akan menyediakan untik masyarakat sehingga nantinya masyarakat lebih mudah mengunakan untuk pelayanan.
” Kartu cerdas ini banyak manfaat yang didapatkan.  Seperti untuk meningkatkan pelayanan,  berfungsi untuk gemar menabung dan untuk pembayaran dengan non tunai.

Sehingga bagi ASN dsn masyarakat tidak akan lama mengantri saat transaksi untuk pembayaran serta pelayanan.
Endra melanjutkan,  sementara untuk mendapatkan kartu cerdas ini tidak susah. Hanya menyerahkan nomor NIK dan kartu keluarga. “Jadi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kartu cerdas ini siapkan NIK dan kartu keluarga. Sementara itu untuk prosesnya pihak bank yang akan melakukannya, ” tutup Endra.(hen) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *