Bisnis&EkonomiPekanbaruPemerintahan

Pemko akan Memproduksi Kartu Smart Card Sebanyak 10 ribu Kartu

PEKANBARU, Riau Andalas.com – Menindaklanjuti pertemuan yang dilakukan antara Pemko dan Bank BNI , maka dalam waktu dekat ini pihak Bank BNI akan memproduksi smart card sebanyak 10 ribu kartu. Demikian dikatakan Kepala Dinas Diskominfo Stastistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka putra,Selasa (24/10).

“Smart Card (Kartu Pintar ) ini diproduksi oleh Bank BNI pada bulan November nanti. Jika kartu itu  sudah diproduksi  maka para ASN, masyarakat, siswa dan siswi yang ada di Kota Pekanbaru,” ungkap  Eka.

Dijelaskan Eka, setelah dicetak nanti, tentu para ASN , masyarakat dan para pelajar akan sangat mudah mengunakan kartu pintar ini. “Kartu ini banyak sekali manfaatnya. Seperti sebagai kartu absensi, tabungan. Selain itu bisa dipakai untuk pembayaran pajak retribusi dan pelayanan di bus TMP,”  ungkap Eka.

Bank BNI akan mengesa agar kartu pintar ini bisa diproduksi dan juga beberapa Dinas terkait penggunaan Smart card ini akan menjadi pilot projek. “Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Bank BNI, karena ini yang pertama kali ada di Indonesia. Oleh sebab itu,  jika tidak ada halangan pada bulan November nanti kartu pintar itu sudah bisa dipergunakan oleh  ASN, masyarakat serta para pelajar. Makanya kita memgandeng beberapa OPD seperti Dinas Kesehatan, Bapenda, dan Disdik. Selain itu DPMPSPT serta Dinas Perhubungan untuk bisa menjadi pilot projek dalam pengunaan kartu pintar tersebut,” ujar Eka.

Eka menambahkan,  pengunaan kartu cerdas ini tidak hanya bisa digunakan di Pekanbaru,  akan tetapi sudah bisa digunakan juga di seluruh Indonesia. “Kartu cerdas ini penganti ATM. makanya bisa digunakan dimana saja. Oleh sebab itu,  kartu pintar ini harus ada di tangan,  sehingga jika melakukan trasaksi akan mudah dan nyaman. Selain itu,  kartu pintar yang aktif ini  sudah bekerjasama dengan pihak bank,  maka akan mendapatkan discount,  baik di tempat perbelanjaan dan supermarket, ” sebut Eka.

Eka melanjutkan,  sementara untuk mendapatkan kartu pintar  ini tidak susah dan sulit.  Hanya dengan menyerahkan nomor NIK dan kartu keluarga. “Jadi bagi  ASN masyarakat  atau pelajar yang ingin mendapatkan kartu pintar ini siapkan NIK dan kartu keluarga. Sementara itu untuk prosesnya Bank BNI  yang akan melakukannya, ” terang Eka.

Lebih jauh Eka menjelaskan,  semua prosesnya selesai maka pihak Bank yang sudah bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru akan membuat konter-konter mesin untuk transaksi. “Layanan konter itu nantinya akan dibuat di Bank,  Puskesmas,  kantor Camat, Sekolah, kantor Lurah,  pasar, di mal-mal serta di tempat keramaian lainnya . Dengan begitu masyarakat yang akan melakukan transaksi semakin cepat,  nyaman dan efesien .Kemudian kegunaan kartu cerdas ini bisa mengurangi  kebocoran, karena tidak mengunakan uang tunai lagi, ” ujar Eka.

Terakhir Eka menyebutkan,  untuk mendapatkan kartu cerdas ini tidak mengeluarkan biaya alias gratis.”Prosesnya mudah dan jika hanya untuk digunakan sebagai pelayanan tidak ada biaya. Namun,  jika ada tambahan seperti fitur untuk menabung serta program lainnya,  maka  pihak Bank yang akan memprosesnya ,”  terang Eka mengakhiri.(Kominfo/1).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *