Nasional

Soerjanto Tjahjono : Bangkainya Helikopter Basarnas Telah Dievakuasi Sebagian

JAKARTA, Riau Andalas.com – Helikopter Basarnas yang menabrak tebing Butak, Desa Canggal, Temanggung, Jawa Tengah, Bangkainya telah dievakuasi sebagian. Setelah itu, investigasi akan segera dilakukan.

Ini dikatakan , Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan sejak pagi tadi beberapa komponen penting dari bangkai helikopter Basarnas secara perlahan telah dievakuasi. Setelah dikumpulkan, nanti akan dibawa ke laboratorium di Jakarta untuk diteliti.

“Sudah mulai dievakuasi dari tadi pagi, sejak matahari terbit sudah dipilih-pilih mana yang dibawa harus hati-hati karena untuk peneilitan lebih lanjut. Nanti dibawa ke Jakarta,” kata Soerjanto ketika dihubungi detikcom, Senin (3/7/2017).

Ia mengatakan komponen yang terlebih dulu dievakuasi yaitu mesin, baling-baling, dan black box. Sedangkan komponen lainnya akan diangkut menyusul.

Pengangkutan komponen bangkai tersebut akan dilanjutkan esok hari. Investigasi komponen heli tersebut akan dilakukan segera setelah komponen heli tersebut tiba di laboratorium KNKT di Jakarta.

“Investigasi setelah tim balik dari Temanggung bawa barang yang penting langsung akan diteliti,” kata Soerjanto.

Kecelakaan helikopter Basarnas mengakibatkan 8 orang meninggal dunia. Para kru yang jadi korban yakni Kapten Laut (P) Haryanto, Kapten Laut (P) Li Solihin, Serka Mpu Hari Marsono dan Peltu LPU Budi Santoso.

Sedangkan tim Basarnas yang menjadi korban yakni Maulana Afandi, Nyoto Purwanto, Budi Resti dan Catur Bambang Sulistio.
(yld/dhn/detik.co/ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *