Hukum&KriminalNasionalPendidikan

Komjen Dwi Priyatno : Pungli Liar yang Tertinggi Dibidang Pendidikan

JAKARTA, Riau Andalas.com – Komjen Dwi Priyatno Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liat (Kasatgas Saber Pungli)  mencatat pungli paling banyak ditemukan di dalam pelayanan pendidikan. Dwi menjelaskan pelayanan di bidang penegakan hukum dan perizinan juga masih rawan pungli.

“Ada di bidang perizinan, di bidang penegakan hukum pasti ada, dan yang paling tinggi pendidikan,” kata Dwi saat ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Dwi menyebut terkadang pungutan-pungutan yang terjadi di bidang pendidikan dianggap bukan pungli. Namun hal itu tentunya harus sesuai aturan.

 

 

“Karena mungkin persepsi orang masih berbeda, tapi itu masih kita dalami kalau misalnya itu bukan pungli misalnya ketentuan komite sekolah, itu juga kita tidak tindak, kita serahkan ke instansi terkait,” tutur Dwi.

Selanjutnya, Dwi mengklaim ada penurunan kasus pungli semenjak adanya tim Saber Pungli. Hal itu dilihat berdasarkan laporan yang diterima Saber Pungli.

“Kita belum meneliti, tapi laporan yang masuk cenderung menurun. beberapa yang ditangkap, saat ini sedang diproses,” ungkapnya.

Dwi mengungkapkan salah satu solusi untuk mengurangi pungli secara sistematis. Misalnya dengan menggunakan basis IT dalam pelayanan yang bersifat transaksional.

“Harus ada percepatan dalam pencegahan, misalnya membangun sistem yaitu dengan IT seperti e-tilang, e-Samsat, itu kan transaksional,” tutupnya.
(dhn/dhn/detik.com/ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *