LingkunganPemerintahanRiauRohul

Memprihatinkan Jalinprov Rohul – Rohil Via Sontang, Butuh ‎Perhatian pemerintah

ROKAN HULU, Riau Andalas. com  -Jalan lintas Provinsi Riau yang menghubungkan antara Desa Sontang dengan Kasang Padang Kecamatan Bonai Darussalam, kondisinya kini rusak berat dan sulit dilalui masyarakat, baik pejalan kaki, sepeda motor maupun mobil.

Akses jalan satu-satunya yang juga bisa menjangkau ke Duri Kabupaten Bengkalis, ratusan titik jalan sudah harus dapat penanganan segera dari dinas terkait di Provinsi Riau, karena sudah sangat menganggu aktifitas masyarakat.

Diakui salah seorang warga Desa Sontang, Surya, akses jalan tersebut merupakan urat nadi ekonomi bagi masyarakat, termasuk bagi kendaraan perusahaan pengangkut CPO juga kelapa sawit dan TBS kelapa sawit menuju ke Pelabuhan di Kota Dumai.

“Apalagi, jalan tertsebut dilalui kendaraan sejumlah perusahaan, baik dari Rohul maupun kabupaten tetangga di Provinsi Sumatera Utara yang aksesnya menuju ke Pelabuhan Dumai. Memang, beberapa titik jalan sudah dirigit (jalan semenisasi) oleh pihak Provinsi, namun masih ada ratusan titik jalan yang rusak parah, selain berlubang juga berlumpur,” ungkap Surya, Rabu (19/4/2017).

Selain Surya, juga diakui warga lainya, Yan, menyatakan dengan kondisi jalan yang rusak mereka kesukitan menjangkau Kota Duri. Apalagi hampir dua hari sekali, dirinya ke Duri untuk berbelanja barang-barang untuk dagangannya, karena jarak Desa Sontang ke Duri lebih dekat dibandingkan ke Pasir Pangaraian maupun ke Kecamatan Kepenuhan.

“Kita selalu ke Duri, untuk belanja kebutuhan sehari-hari dagangan kedai saya. Kondisi jalan yang rusak mengakibatkan kerap aktifitas terganggu, apalagi sering kendaraan troton perusahaan, baik pengakut inti sawit, maupun CPO terjebak di jalan rusak sehingga sering persempit jalan akibatnya aktifitas jalan antri oleh kendaraan,” tegas Yan.

Bukan hanya itu, para pengendara sepeda motor juga sering terhelincir di jalan rusak, karena licin banyaknya lumpur penuhi badan jalan. Apalagi bila turun hujan, maka alamat jalan rusak dan berlubang akan dipenuhi air sehingga pengandara sering terjebak di lubang badan jalan yang dalam.

“Bila tidak segera diperbaiki, maka jakan tersebut akan bertambah rusak parah. Berharap, baik Pemkab Riau maupun Provinsi Riau bisa segera melakukan perbaikan jalan provinsi tersebut, sehingga akses ekonomi masyarakat bisa berjalan lancar. Kami sudah sangat lama mendambakan jalan yang bagus,” harap Surya lagi. ** ( Alfian )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *