Lingkungan

Koramil0811/08 Widang Bantu Petani Basmi Hama Wereng

TUBAN, Riau Andalas. com –  Petani di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban diresahkan dengan adanya hama wereng yang menyerang tanaman padi mereka.
Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pertanian dan KetahananPangan berupaya melakukan pemberantasan hama tanaman padi tersebut. Upaya itu sebagai langkah responsif atas ditemukannya hama wereng maupun penggerek batang di lahan sawah yang ada di beberapa kecamatan.
Penyuluh Pertanian bersama petani dan Koramil 0811/08 Widang, hari ini, Selasa (7/2/2017) berupaya melakukan pemberantasan hama wereng cokelat.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Widang, H.Moh.Asyari mengatakan, pestisida diambil dari Brigade Proteksi Tanaman di Tuban. Sebanyak ratusan liter pestisida disiapkan untuk mengatasi gangguan hama wereng ini.
“Gangguan hama ini, di desa Widang, Banjar,Tegalsari, Tegalrejo, Kedungharjo dan juga di Desa Simorejo yang paling banyak, jumlanya sekitar 600-an hektare. Jika masih tingkat awal,gangguan hama wereng maupun penggerek batang masih bisa diatasi. Ada temuan langsung kita kendalikan,” paparnya.
Sementara itu,Danramil 0811/08 Widang, Kapten Arh Sutomo menjelaskan, tindakan tersebut dilakukan dengan maksud untuk membasmi atau mengurangi perkembangbiakan hama.
 
Akhir-akhir ini tanaman padi petani diserang hama tersebut, sehingga harus segera dikendalikan.Bila tidak segera ditangani dapat mengakibatkan gagal panen secara keseluruhan,” terangnya.
Dari pantauan di lapangan oleh penyuluh dan kelompok tani dibantu oleh Babinsa, ditemukan wereng batang cokelat rata-rata dua ekor per 4 rumpun. Pengendalian dilakukan secara cepat karena penyebaran wereng ini terhitung cepat. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 6 desa yang terserang wereng tersebut. (

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *