Pendidikan

Danramil0809-Kandangan Beri Pembekalan Dasar Kepemimpinan Kepada Pelajar SMPN 2

Kediri, Riau Andalas.com – Aktifitas dipenghujung pekan, siswa/siswi SMPN 2 KandanganKediri diberikan pembekalan dasar kepemimpinan dan tata krama yang diadakan didalam ruang kelas dan dihalaman sekolah. Pembekalan dasar ini diberikan secaralangsung Danramil Kandangan, Kapten Czi Kustoyo dibantu Serda Suparno, denganmelibatkan siswa/siwi yang duduk di bangku kelas 8 (kelas 2) dan sesuai denganplatform materi dari pihak sekolah, pembekalan dasar ini lebih mengutamakanpembentukan karakter pada tindakan atau perilaku sehari-hari siswa/siswi, Sabtu(21/01/2017).

Bersama Kepala Sekolah SMPN 2 Kandangan, Sumarsono, pembekalandasar kepemimpinan dan tata krama ini berlangsung sehari, dan materi yangdititikberatkan ialah dasar-dasar pokok bagaimana siswa/siswi mampuberinteraksi disekitar lingkungan masing-masing, terutama usai menjalani aktifitasdi sekolah dan bagaimana berinteraksi langsung dengan teman-temannya sesamapelajar saat berada di lingkungan sekolah. Dalam hal tata krama, tentu sajamasih menjadi favorit pilihan pada saat memberikan wawasan pada siswa/siswiyang disesuaikan dengan ruang lingkup strata pendidikan, ditambah bagaimanamereka dapat secara khusus memahami latarbelakang tata krama itu sendiri dansaat melakukan aktifitas sehari-hari.

Menurut Sumarsono, kegiatan seperti ini, diharapkan mengubahkarakter siswa/siswi baik dalam berpandangan maupun berpola pikir sesuai denganstrata pendidikan yang mereka jalani, tanpa harus membebankan studi tambahanyang berkaitan dengan kurikulum yang sedang berjalan.

Di akhir pembekalan dasar, Kapten Czi Kustoyo juga memberikan wawasankebangsaan yang berdurasi 30 menit dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika”, dan temaini juga sudah disesuaikan dengan kondisi terkini di tanah air dalam kapasitaspengetahuan sebagai siswa/sisiwi. Wawasan kebangsaan lebih mengutamakan alursejarah, ketika Bhinneka Tunggal Ika dicetuskan sebagai dasar komitmen bangsaIndonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, hingga latarbelakang sejarah dari awal mula Bhinneka Tunggal Ika.

Kapten Czi Kustoyo optimis, pembekalan dasar ini dapat di apresiasipositif siswa/siswi SMPN 2 Kandangn, dengan menjadikan dasar pemikiran ataupunperilaku saat berada di lingkungan sekolah maupun di rumah ketika berkumpulbersama keluarga atau bersama masyarakat sekitar. (Penrem 082/CPYJ )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *