PemerintahanPendidikan

Dandim0813 Bojonegoro Bekali Wasbang Dan Bela Negara Kepada Gp Ansor

BOJONEGORO, Riau Andalas. com –     Upayameningkatkan pengetahuan para pemuda tentang kecintaan terhadap tanah air dan berbelanegara, Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Trucuk dan Kecamatan Kanor menggelarDiklat Terpadu Dasar (DTD), bertempat di PP Al-Rahmani Desa Kanten KecamatanTrucuk, Bojonegoro Jawa Timur. Jumat (27/1).

Selaku narasumber pada acara yang mengusung tema “Satu Komando Satu Barisan:Merawat Tradisi, Menjaga NU Dan NKRI” tersebut, Dandim 0813 Bojonegoro LetkolInf M. Herry Subagyo mengatakan, bahwa Banser GP Ansor merupakan komponencadangan dalam rangka pertahanan, yang sesuai dengan Pasal 30 UUD 1945 yaitutentang hak dan kewajiban setiap warga negara untuk Bela Negara.

“Jaman dulu kita masih bisa merasakan begitu kentalnya rasa gotong-royong dalamkehidupan kita, rasa persaudaraan dan silaturrahmi, saling menghormati. Namunsaat ini agak susah ditemukan lagi rasa itu, bahkan dengan tetangga sendirikita tidak saling kenal. Sehingga, kita perlu untuk menumbuhkan kembali sikapitu,” ujarnya.

Selain itu, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo menyampaikanberbagai konflik yang akan mengancam Indonesia, karena akan terjadinyaperebutan sumberdaya alam dan energi.

“Negara kita, berada digaris ekuator yang memiliki dua musim. Dan terdapatsumberdaya alam yang melimpah, maka akan menjadi incaran oleh negara lain.Karena pertumbuhan penduduk dunia tidak bisa terkendali, sehingga kebutuhanpangan, air dan energi akan bertambah dan berakibat konflik untuk menguasaisumber energi itu” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyoberpesan secara bersama untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, agarterjaganya rasa kedamaian dan kebhinekaan. “Utamaka Musyawarah mufakat untukmenyelasaikan setiap permasalahan, yang sesuai dengan jatidiri dan budayaBangsa Indonesia” pungkasnya. (Penrem 082/CPYJ )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *