PemerintahanRiau

APBD Riau 2017 Di Sahkan Sebesar Rp 10.4 Triliun

gubri-hadir-pada-paripurna-dprd-prov-riau-tentang-pengesahan-apbd-tahun-2017
Gubri hadir pada Paripurna DPRD Prov Riau Tentang Pengesahan APBD Tahun 2017

APBD Riau 2017 Rp 10.4 T. Target PAD Rp 8,3 T

PEKANBARU, Riau Andalas.com –  Akhirnya DPRd Riau ketok palu Anggaran Pendapatan Belaja Daerah (APBD) Murni Riau 2017 Senin (5/12) malam.

Pengesahan yang dilakukan sampai dini hari tersebut, ditetapkan sebesar Rp10,4 Triliun yang meningkat dari pengajuan Pemprov Riau sebesar Rp9,8 Triliun dengan alasan untuk memaksimalkan pembangunan dan memenuhi kebutuhan daerah dan masyarakat pada tahun 017 mendatang.

Kendati penetapan anggaran tersebut dinaikan, DPRD Riau tetap memberikan pertimbangan ada Pemprov Riau, diantaranya menaikan target Penerimaan Asli Daerah (PAD) Riau sebesar Rp8,3 Triliun pada tahun 2017.

Pengesahan yang dipimpin lansung Ketua DPRD Riau, Septina Primawati dan didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman, Sunaryo dan Manahara Manurung tersebut juga dihadiri lansung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berserta jajaran dan unsur Forkopinda Riau.

Dimana Ketua DPRD Riau septina Primawati Rusli, mengharapkan pengesahan APBD Riau 2017 tersebut, bisa dipergunakan dengan baik dan sesuai kebutuhan dalam pembangunan daerah dan masyarakat kedepan.

Sesuai hasil rapat badan anggaran (Banggar) jelasnya, penetapan angka APBD Riau 2017 tersebut disepakati setelah adanya koordinasi antaran DPRD Riau dengan TAPD Riau yang kenaikannya sebesar 6,68 persen, dimana jika dibandingkan dengan tahun 2016 anggaran tersebut naik sebesar sebesar 0,90 persen.

“Intinya kenaikan tersebut sudah sesuai dengan pengkajian sebelumnya,” kata politisi Golkar Riau ini.

Sedangkan terkait pendapatan daerah kedepan katanya, juga sudah sesuai pengkajian matang. Dimana Pendapatan Daerah tahun 2017 Rp8.3 T itu sudah merupakan angkan yang bagus dan mampu dicapai Pemprov Riau. Begitui juga dengan anggaran Penerimaan Pembiayaan Daerah tahun anggaran 2017 menjadi yang menjadi Rp2.1 Triliun.

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan, setelah disepakati dan disahkannya APBD Riau tahun anggaran 2017 ini, Pemprov Riau akan segera menyampaikan dokumen Perubahan APBD Riau ini kepada Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi. Sehingga dalam waktu dekat penuntasan pembahasan APBD 2017 selesai dengan maksimal dan melangkah pada tingkat selanjutnya.

“Mudah-mudahan evaluasi di Kemetrian juga bisa berjalan lancar, sehingga Pemprov Riau bisa melangkah cepat terkait program untuk 2017 mendatang,” tutur Andi Rachman sapaan akrabnya. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *