KesehatanPemerintahanRohil

Warga Keluhkan Pelayanan Pustu Simpang Kanan Rohil

 

 

dsc_0000930
ROHIL, Riau Andalas.com – M. Husni Zein, Kepala Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kepenghuluan Bukit Mas, Kecamatan Simpang Kanan, Rokan Hilir, sudah satu tahun ini tidak bertugas. Informasi yang dihimpun riauandalas.com dari  warga desa tersebut, Sabtu ( 5/11) mengatakan, “Sudah lama kami tidak melihat Pak Husni Zein masuk kerja. Jika kami mau berobat, kami hanya dilayani oleh dua orang perawatnya saja,” cetus warga.

Setiap harinya, hanya 3 orang tenaga perawat yang tampak bertugas di Pustu tersebut, masing-masing dua tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan satu honorer daerah, dimana fasilitas Pustu yang serba minim, tampak ruang toilet yang tidak ada air dan Pustu yang tidak dirawat.

Di tempat terpisah, dokter Puskesmas Kecamatan Simpang Kanan, dokter Nini Juniarti yang dihubungi via seluler membenarkan hal tersebut. Nini Juniarti mengatakan, “Terkait Kepala Pustu yang tidak mau bertugas di Pustu Kepenghuluan Bukit Mas tersebut, dirinya sudah menyurati M. Husni Zein (SPK) sebanyak tiga kali,” sebutnya.

Nini Juniarti menyampaikan kekesalannya karena sudah berulang kali dirinya menyurati, bahkan setiap dihubungi via panggilan seluler maupun pesan singkatnya, namun M. Husni Zein tidak mengangkat teleponnya. “Ya Pak, saya sudah cukup banyak bersabar, namun Surat Peringatan yang saya buat untuk menegurnya, justru tidak digubris,” papar dokter Nini menegaskan

Dalam masalah ini, Nini Juniarti selaku atasan M. Husni Zein akan mengadukan kasus ini ke Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir, guna menindaklanjuti PNS yang tidak disiplin. Agar Dinas Kesehatan dapat memberikan sanksi kedisiplinan,” papar Nini Juniarti kepada riauandalas.com, Sabtu (5/11).

Untuk itu, Nini juga mengatakan, “Pada 7 November tepatnya hari Senin mendatang, Puskesmas Kecamatan Simpang Kanan akan kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Pemkab Rohil. Maka, sekaligus hal itu dapat disampaikan kepada Dinas terkait,” papar Nini Juniarti.

Namun, permasalahan Kepala Pustu yg tidak masuk dinas ini, terkesan adanya pembiaran Kepala Puskesmas Simpang Kanan. Mengapa tidak, Nini Juniarti selaku dokter yang membawahi semua Pustu se-Kecamatan Simpang Kanan dinilai tidak punya ketegasan.

Hal tersebut menjadi catatan mengapa ketidakpatuhan M. Husni Zein dengan Surat Peringatan yang dikirimkan kepadanya, justru toh tidak digubris? Diduga Surat Peringatan yang Nini Juniarti katakan kepada riauandalas.com dalam konfirmasi diduga hanya alasan untuk menutupi kelemahannya. (Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *