LingkunganSosial&Budaya

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Kab. Kediri

26-11-2016-penghijauan-ds-tarokan-6KEDIRI, Riau Andalas.com – Gerakan penghijauan dengan label “Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional” Kabupaten Kediri, dilangsungkan di tiga tempat yang berbeda dan serentak, yaitu di Desa Tiron Kecamatan Banyakan, Desa Tarokan Kecamatan Tarokan dan DesaKalipang Kecamatan Grogol, Sabtu (26/11/2016).

Dari keterangan Bati Tuud Koramil Grogol, Peltu Santoso, Kodim 0809/Kediri ikut ambil bagian dalam gerakan penghijauan ini dengan menurunkan 30 anggotanya, berbaur bersama warga setempat untuk bersama-sama menanam bibit pohon. Untuk kelancaran kegiatan, Kodim Kediri membagi 3 tempat yang masing-mnasing ditempatkan 10 personil, di Desa Tiron Kecamatan Banyakan diisi anggota Koramil 06/Mojo, Desa Tarokan Kecamatan Tarokan diisi anggota Koramil 22/Semen dan Desa Kalipang Kecamatan Grogol diisi anggota Koramil 05/Grogol.

Secara resmi gerakan penghijauan tersebut dibuka oleh Bupati Kediri, Hj. Haryanti Sutrisno didampingi Pasi Intel Kodim Kediri, Kapten Czi Bagus Handoko, yang berlokasi di Desa Kalipang Kecamatan Grogol. Sedangkan di dua tempat lainnya dihadiri oleh Sekretaris Daerah, H.Supoyo yang didampingi Pasi Log Kodim Kediri, Kapten Czi Muklasin yang berlokasi di Desa Tarokan Kecamatan Tarokan, dan Kepla Dinas Kehutanan Kabupaten Kediri, Sugeng Waluyo yang didampingi Pasi Ops Kodim Kediri, Kapten Arm Nur Solikin.

Pada sambutannya, Bupati Kediri meminta semua masyarakat Kabupaten Kediri untuk aktif dan berperan serta dalam kegiatan penghijauan, baik di pedesaan maupun di lingkungan masing-masing. Selain itu, Bupati Kediri mengingatkan, bertapa pentingnya penghijauan bagi kelangsungan hidup manusia di bumi, apalagi kondisi saat ini, makin banyak hutan-hutan yang sudah beralih fungsi.

Usai secara resmi dibuka, juga secara langsung diserahkan bantuan sosial berupa sembako kepada warga sekitar, dan dilanjutkan dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh pegawai Pemkab Kediri, anggota Kodim Kediri, anggota Polsek Grogol, anggota Polsek Banyakan ,anggota Polsek Tarokan dan masyarakat setempat. Jenis tanaman yang ditanam dikawasan lereng Gunung Wilis tersebut adalah tanaman mangga, rambutan, trembesi, mahoni, nangka, sengon dan mangga. (rls/dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *