PemerintahanRohul

Kagum akan MANIC Rohul, Camat dari Sijunjung Stuban ke Kecamatan Rambah

20161125_101138ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Camat Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama Kepala Nagari (desa) Maganti serta sejumlah perangkatnya, study banding (Stuban) ke kantor Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul),

 

Rombongan Camat Sumpur Kudus, Syamsu Jamari, S.Sos, MAp, Kepala Nagari Maganti serta rombongan terdiri dari BPN, LPM Nagari Maganti disambut Camat Rambah, Arie Gunadi S.STp, Lurah Pasir Pangaraian, Mukhlis, para Kades, pengurus BUMDes, Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEK), serta patra pegawai, dan perwakilan UPTD yang ada di Kecamatan Rambah.

 

Arie Gunadi, berterimakasih atas kunjungan pihak Kecamatan Sumpur Kudus serta pihak Nagari Maganti, yang sudah datang ke Kecamatan Rambah. Besar harapan dirinya, melalui kegiatan Stuban tersebut nantinya bisa terjalin silaturrahmi, dan kedepannya bisa saling memberikan informasi, baik bidang ekonomi, pemerintahan serta sektor lainnya.

 

“Kecamatan Rambah, penduduknya dari berbagai suku. Keberadaannya di Ibukota Kabupaten, dengan penduduk sebagian besar petani padi, juga berkebun kelapa sawit serta karet. Selain itu, kita memiliki 13 desa dan 1 kelurahan. Jelasnya, dari kunjungan ini nantinya bila pihak kecamatan Sumpur Kudus maupun pihak Nagari Maganti mau melihat program BUMDes atau lainnya silahkan, dan kita akan terbuka berikan informasi,” kata Arie di depan tamu, di pertemuan yang digelar di aula Kantor Camat Rambah.

 

Camat Sumpur Kudus Syamsu Jamari, secara panjang lebar memperkenalkan rombongan yang ikut stuban, termasuk memperkenalkan daerah mereka. Dimana diakuinya, kecamatan mereka di Kabupaten Sijunjung merupakan daerah dataran tinggi, dan umumnya penduduknya bertani dan berkebun karet serta kelapa sawit.

 

“Kehadiran kita ke Pasir Pangaraian, untuk bersilaturrahmi sekaligus ingin melihat keagungan Masjid Agung Nasional Islamic Centre Rohul, yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Apalagi, masjid tersebut memiliki keindahan serta bagaikan mendapatkan berkah dari Allah, dan beribadah di dalamnya nyaman, tenang dan bila sekali berkunjung ingin datang lagi dan datang lagi. Kami bangga dengan kemegahan masjid tersebut,” ungkapnya.

 

Bahkan diakui Camat Sumpur Kudus, awalnya Stuban akan dilakukan ke Kabupaten Siak. Namun, setelah diusulkan ke Rohul, langsung di setujui pihak Nagari Maganti. Bahkan saat minta disposisi Bupati Sijunjung, langsung diberikan dan dipermudah.

 

Dari pertemuan yang terlihat akrab, dilakukan dialog terbuka antara Kecamatan Rambah dengan kecamatan Sumpur Kudus. Bahkan, kedua Camat juga sempat bertukar cinderamata, dimana Camat Sumpur Kudus berikan plakat berlambang langsat manis merupakan asli dari daerah mereka, dan Camat Rambah berikan cinderamata berupa gula aren (enau) yang merupakan asli dibuat pengrajin gula aren masyarakat desa di Kecamatan Rambah.

 

“Kita harapkan, setelah kunjungan kami, maka akan ada kunjungan balasan dari kecamatan Rambah ke daerah kami. Yang lebih penting lagi, silaturrami ini bisa terus berlanjut,” harap Syamsu Jamari.

 

Camat Rambah bersama rombongan, kemudian membawa rombongan stuban tersebut melihat pengelolaan BUMDes ke Desa Tanjung Belit, kemudian juga membawa ke sejumlah objek wisata yang ada di Rambah. Bahkan rencannya, rombongan Stuban tersebut akan tunaikan ibadah Salat Jumat di Masjid Agung Nasional Islamic Centre Pasir Pangaraian. ** Alfian **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *