KesehatanPemerintahanSosial&Budaya

HUT TNI Ke-71 Kodim 0809/Kediri : Pengobatan Gratis KB MOW

img-20161022-wa0021KEDIRI, Riau Andalas.com – RSUD Pelem Pare Kediri menjadi lokasi utama penyelenggaraan HUT TNI ke-71 Kodim 0809/Kediri, pada kegiatan bakti sosial pengobatan gratis KB MOW (Metode Operasi Wanita), yang berlangsung sejak pagi tadi hingga siang ini. Dandim Kediri, Letkol Inf Purnomosidi bersama Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Suliyono dan Danramil Pare, Kapten Arh Ajir, melihat langsung jalannya pengobatan gratis KB MOW di salah satu rumah sakit berstatus plat merah di Kabupaten Kediri ini, Sabtu (22/10/2016)

Menurut Letkol Inf Purnomosidi, kegiatan bakti sosial ini masih berkaitan erat dengan momentum HUT TNI ke-71 dan terselenggaranya pengobatan gratis MOW ini juga tidak terlepas dari kerjasama Kodim Kediri dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan BPPKB Kabupaten Kediri. Kodim Kediri juga telah menyiapkan 52 mobil secara gratis untuk antar jemput bagi para pasien KB MOW, baik dari rumah tinggal mereka ke RSUD Pelem Pare, maupun sebaliknya dari RSUD Pelem Pare menuju ke rumah mereka masing-masing.

Selain itu, tim wasev dari Kodam V/Brawijaya juga turut hadir antara lain, Pabandya Bhakti TNI ,Mayor Inf Komang Dharma Laksamana, dan tim BKKBN Provinsi Jawa Timur, Waluyo Ajeng Lukitowati. Pengobatan gratis KB MOW ini menjadi dasar keterlibatan TNI dalam setiap kegiatan KB, baik yang diadakan atas kerjasama Kodim dengan Pemerintah Daerah, maupun yang diselenggarakan oleh instansi terkait.

Dari keterangan Kapten Arh Ajir, tercatat 201 calon pasien KB MOW yang tersebar di 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri, dan jumlah tersebut merucut menjadi 154 pasien yang telah melewati tes kesehatan, sedangkan 41 calon pasien lainnya dinyatakan gagal melewati tes kesehatan dan 6 calon pasien tidak dapat mengikuti lantaran terlebih dahulu mengalami sakit. Tes kesehatan yang harus dijalani calon pasien KB MOW, sudah sesuai prosedur dan standard kesehatan, sehingga resiko keselamatan jiwa bagi pasien KB MOW benar-benar diperhatikan sepenuhnya oleh pihak RSUD Pelem Pare.

Kodim Kediri juga telah menyiapkan 201 paket souvenir yang terdiri dari jarik (kain), daster (baju), susu kotak, coklat, buah jeruk, buah apel, biskuit, dan permen kepada seluruh calon pasien, baik yang mengikuti operasi maupun yang gagal melewati tes kesehatan maupun yang gagal ikut serta karena sakit. Disamping itu, Kodim Kediri juga menyiapkan 104 anggotanya untuk memberikan pelayanan antar jemput, dan 30 anggota turut membantu aktifitas pengobatan gratis diluar ruang operasi, serta 30 lainnya disiagakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di areal parkiran RSUD Pelem Pare. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *