Berita utamaPemerintahanRohul

Kejujuran Modal Berharga Dalam Kehidupan

UAMBN 5

Rokanhuluriauandalas.com – Salah satu sifat yang harus melekat pada setiap insane yang ingin sukses dalam karir dan kehidupannya adalah kejujuran, sebab kejujuran adalah modal yang sangat berharga dalam kehidupan. Kepercayaan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain sangat ditentukan oleh tingkat kejujurannya.

Kejujuran harus diterapkan dalam semua sector kehidupan, baik dalam bisnis maupun dalam bidang lainnya seperti Ujian Akhir Berstandar Nasional (UAMBN) yang diulaksanakan saat ini. Kejujuran di bangku sekolah justru sangat mempengaruhi sikap seseorang ketika berada di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampiungi Pengawas Pendidikan Islam H Agussalim SPd MPd, Selasa (15/3/2016), usai melakukan monitoring UAMBN di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Darussalam, Saran, Kec Kabun,.

Dikatakannya, saat ini Sebanyak 392 prang santri ataupun siswa/i Madrasah Aliyah (MA) se Rohul, ikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), yang dilaksanakan serentak di 14 MA se Rohul, mulai dari tanggal 14 s/d 16 Maret 2016 bertempat di masing-masing MA.

UAMBN ini dimaksudkasn sebagai persyaratan untuk kelulusan pada MA dengan menguji 5 mata pelajaran agama, yaitu Aqidah Akhlaq, Alquran Hadits, Fiqh Islam, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab, sedangkan mata pelajaran umumnya akan diuji pada Ujian Nasional (UN) bersama dengan SMA/SMK.

Ahmad Supardi Hasibuan yang alumni Ponpes Musthafawiyah Purbabaru ini mengatakan bahwa salah satu sifat positif yang sudah mulai terkikis dan bahkan hilang dari bangsa ini adalah kejujuran. Oleh karena itu, maka kejujuran harus dilatih mulai dari bangku sekolah sampai dengan di tengah masyarakat.

Dikatakannya, kejujuran adalah salah satu karakter bangsa yang harus terus dipupuk dan dikembangkan pada setiap diri pribadi anak bangsa, sehingga kejujuran menjadi darah daging, yang pada gilirannya menjadi perilaku terpuji bagi setiap anak bangsa, dimanapun ia berada, waktu apapun dan di tempat manapun ia berada.

Jika kejujuran menjadi perilaku dan pola hidup masyarakat, maka akan lahir ketenteraman, kedamaian, dan keharmonisan. Harta dan barang-barang berharga yang tertinggal akan aman, tak ada orang ngambil, karena semuanya serba terpercaya, sebagai dampak positif dari sifat kejujuran.*liza*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *