Tak Terawat, Dewan Minta Jalan Kabupaten Kota Dialihkan Ke Provinsi

example banner

20160316_182509

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Hingga kini masih banyak kondisi jalan kabupaten kota memprihatinkan dan tidak terawat. Pada hal kabupaten kota memiliki anggaran untuk perbaikan jalan. Sehingga terkesan ada pembiaran.

Menanggapi adanya kesan pembiaran tersebut, Anggota DPRD Riau berharap jalan bisa dialihkan pada tanggung jawab Provinsi. Agar perawatan bisa di laksanakan secara rutin dan tidak terjadi seperti saat ini. Seperti disampaikan Wakil ketua komisi D DPRD Riau, Hardianto. Dikatakanya, ada ribuan jalan lintas Kabaupaten kota yang dalam kondisi rusak. Sementara pemerintah provinsi tidak bisa berbuat apa-apa karena merupakan tanggung jawab kabupaten kota.

Untuk itu katanya, agar jalan tersebut bisa diperbaiki dan dirawat, pihaknya akan meminta Pemprov Riau segera mengambil alih status jalan di kabupaten kota itu menjadi jalan Provinsi. Sehingga pembangunanya bisa dianggarkan dalam APBD Riau.

“Ini merupakan kepentingan umum, untuk itu harus diutamakan. Karena jalan itu merupakan kewajiban bagi pemerintah,” kata Hardianto.

Untuk pemindahan status jalan itu katanya, sebelumnya pihaknya sudah melkukan koordinasi dan pembahasan dalam Musrembang Riau 2016. Dimana kedepanya menjadi menjadi perhatian serius dari pemerintah Provinsi Riau. Agar tidak ada lagi jalan-jalan di Riau dalam kondisi memprihartinkan.

“Kita sudah bahas beberapa jalan yang akan ditingkatkan itu. Diantaranya, jalan Kampung Balak dan Roro -Mengkikip yang saat ini belum ada penetapan jadi tanggung jawab provinsi. Sehingga pemprov tidak bisa menganggarkan untuk perbaikan sesuai yang diharapkan masyarakat penggunan jalan,” tutur Politisi Gerindra ini.