Sosialisasi Anggota MPR RI Di Bagan Batu Rohil, Ini Kata Maston.

193 views
example banner

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Anggota MPR RI Ir. Effendi Sianipar melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan bernegara di Baganbatu, Kabupaten Rokan Hilir.

Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020, kemaren di kediaman Kiren Sianiapr dan juga di Aula Ronauli Baganbatu. Acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mendengarkan sambutan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan tokoh masyarakat Bapak Siburian mengatakan, mereka bersyukur di kampung mereka dilaksanakan acara seperti ini, karena akan tetap menumbuhkan rasa bangga warga sebagai warga Indonesia.

Selain itu Antusias masyarakat sangat luar biasa mengikuti agenda MPR RI tersebut. Terlihat dari kekhidmatan dan keseriusan masyarakat mendengarkan pemaparan materi Sosialisasi Empat Piliar Berbangsa dan Bernegara oleh Narasumber Imam Munandar, SH yang merupakan kader PDI Perjuangan dan mantan Presidium Pusat GMNI.

Sebelum penyampaian materi acara tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Rokan Hilir Maston. Dalam sambutannya Maston menyebut bahwa Indonesia saat ini patut bersyukur dengan pengakuan hukum yang diberikan oleh negara atas dasar negara Indonesia adalah Pancasila melalui Keppres No. 24 Tahun 2016 tentang penetepan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945.

“Ini adalah kado terbesar pemerintahan Presiden Jokowi kepada NKRI,”Katanya.

Maston mengajak masyarakat untuk terus merawat persatuan dan kesatuan masyarakat Baganbatu.

Ditempat yang sama, Iman Munandar dalam penyampaiannya menuturkan bahwa program Sosialisasi Empat Pilar ini adalah ide dan gagasan Bapak Taufik Kiemas yang saat itu menjabat sebagai Ketua MPR RI.

“Meski ada penolakan, namun kegigihan dan kepiawaian berpolitik Taufik Kiemas, akhirnya MPR RI menyepakati untuk melaksanakan agenda wajib anggota MPR RI tersebut, yakni membumikan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat Indonesia melalui Program Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,”Jelasnya.

Iman mengatakan, ini merupakan program yang sangat relevan ditengah kondisi bangsa saat ini. Iman yakin bahwa kunci kemajuan Indonesia kedepan adalah sikap masyarakat dalam merespon nilai-nilai yang ada didalam Empat Pilar tersebut.

Acara tersebut juga dilaksanakan dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan, dimana masyarakat diminta untuk tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta tidak bersalaman selama kegiatan sosialisasi. Iman, mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, karena itu bagian dari Nasionalisme ditengah pandemi.(Said)***