Sekda Rohul Buka AKSIOMA 2019, MTsN 3 Rohul Targetkan Juara Umum

example banner

ROKAN HULU, Riauandalas.com -Sekteraris Daerah Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H Abdul Haris SSos Msi, Kamis (28/3/2019), membuka Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tahun 2019 di MTsN 3 Rohul, Pasir Pangaraian.

Diajang madrasah dua tahunan itu, diikuti 1.100 siswa, siswi setingkat MI, MTs dan MA serta santriwan/ti dari 80 madrasyah se- Rohul dan berjalan sukses. Kegiatan dimeriahkan beragam penampilan dari pawai hingga tarian daerah.

Juga hadir Kakan Kemenag Rohul, Drs H Sahrudin MSy, Kepala Disdikpora Drs H Ibnu Ulya MSi, Ketua K2M Sirun SSos, Kepala MTsN 3 Drs H Afdizon, Ketua Panitia acara Ustad Ahmad Siregar (UAS), Kapolsek Rambah, serta seluruh kepala madrasah dan guru pendamping madsasyah se-Rohul.

Dikatakan Ketua panitia Kegiatan Ahmad Siregar mengatakan, kegiatan AKSIOMA 2019 iterselenggara berkat adanya kerjasama yang baik antara K2M Rohul, panitia dan juga MTsN 3 Rohul sebagai tuan rumah acara.

Ajang bergengsi bagi pelajar madsrasyah dikemas dalam 13 perlombaan, seperti MTQ  Pa/Pi, Tahfiz Quran Pa/Pi, Kaligrafi, Madrasah Singer, Pidato bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

“Termasuk beberapa cabang olahraga (cabor) lainhya, yakni tenis meja, badminton, futsal, bola volli, pencak silat juga sepak takraw. Acara dilaksanakan mulai hari ini hingga 30 Maret,” ungkap Ahmad Siregar, yang juga pimpinan Ponpes Daarul Qur’an Darussalam (DQD) Desa Bukit Intan Makmur (BIM) Kecamatan Kunto Darussalam.

Dirinya juga mengatakan, sebagai salah satu kontestan peraih juara umum diajang AKSIOMA 2017 lalu, Ponpes DQD masih optimis bisa mengulang prestasi yang sama. “Insya Allah, MA Ponpes DQD bisa meraih juara AKSIOMA 2019, untuk perwakilan ada 34 santri yang ikut bertanding,” sebutnya.

Tidak ingin kalah dengan juara umum bertahan, tuan rumah perhelatan AKSIOMA 2019 MTsN 3 Rohul juga pasang target juara umum. Kepala MTsN 3 Drs H Afdizon mengaku, bahwa target meraih juara dimasing-masing perlombaan baik seni maupun olahraga sudah pasti, selain gengsi sebagai tuan rumah, persiapan diri baik itu mengasah kemampuan siswa dan siswi yang ikut bertanding sudah lama dilakukan.

Kemudian di AKSIOMA, MTsN 3 Rohul juga kirim utusan diajang 02SN tingkat Kabupaten Rohul di cabor bola volli putra/i, pencak silat dan bulu tangkis.

“Kuta bersyukur sampai hari ini MTsN 3 Rohul masih diurutan teratas di masing-masing cabor yang diikuti pada 02SN tingkat kabupaten,” kata Afdizon, yang juga pernah meraih predikat sebagai Kepala Madrasah terbaik di Riau.

Kata Afdizon lagi, AKSIOMA yang digelar pihaknya sekaligus mempromosikan madrasah berikut program yang sudah dirancang, yang mana untuk tahun ajaran 2019-2020, di madrasah itu sudah ada kelas Sains yang agamis.

“Kita patut bersyukur, kurang lebih 6 bulan mengabdi di madrasah ini, saya bisa diterima dan mendapat dukungan baik dari pejabat daerah serta masyarakat. Dalam perjalan selama enam bulan ini, Alhamdulillah banyak melahirkan kegiatan akbar, prestasi dan sekolah bersih,” tutup pria penerima penghargaan ibadah umroh dan haji dari Pemkab Rohul tersebut.

Sekda Rohul Abdul Haris menyampaikan permohonan maaf, karena Bupati H Sukiman yang berhalangan hadir di pembukaan AKSIOMA 2019. Sekda menyebutkan, Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah, apalagi melalui kegiatan itu bisa melahirkan siswa siswi berprestasi yang dapat mengharumkan nama daerah.

Kemudian, terkait untuk pembinaan terhadap madrasah, jelas Sekda sejauh ini masih ada dibawah Kemenag. Pemerintah daerah sifatnya membantu, tapi tentunya akan tetap berpartisipasi mendukung bagaimana program madrasah bisa berjalan.

“Kemudian untuk mendapatkan hibah tahun 2020, pihak madrasah yang ada di bawah Kemenag sudah bisa mengajukan  usulan ke TAPD Rohul setidaknya bulan Juni 2019, sehingga nanti dapat diajukan bersama untuk dibahas di APBD 2020,” saran Sekda.(Adv/Pemkab Rokan Hulu)