SATGAS BUMN Riau Turut Donor Plasma Konvalesen Nasional

71 views

PEKANBARU-Masih tingginya angka penambahan penderita Covid-19 di Indonesia.Para penyintas/ex pasien Covid-19 memiliki kesempatan menolong masyarakat yang sedang terpapar Covid-19, hal ini bisa dilakukan dengan mendonorkan Plasma Konvalesen, dalam rangka mendukung program penerintah mengatasi tingginya penderita Covid-19.

Guna mendukung hal tersebut pada Hari senin (8/02/2021) digelar acara donor Plasma Konvalesen BUMN Untuk Indonesia di 34 Provinsi yang diikuti 66 BUMN secara virtual.

Acara tersebut merupakan inisiasi Kementerian BUMN bersama Palang Merah Indonesia yang diikuti oleh pendonor sebanyak 1.048 pegawai BUMN diseluruh Indonesia, khusus di Provinsi Riau pendonor yang menyumbangkan Plasma nya diwakili oleh PT Perkebunan Nusantara V dan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau yang tergabung dalam Satuan Tugas (SATGAS) BUMN Provinsi Riau.

“Pengalaman pernah menjadi pasien atau penderita Covid-19 membuat pegawai dari 33 BUMN yang ada di Provinsi Riau terdorong untuk membantu masyarakat yang masih terinfeksi Virus Corona,” Ujar Vick Nawan selaku Senior Manager SDM dan Umum PLN UIWRKR selaku Ketua Koordinator SATGAS BUMN Provinsi Riau.

“Untuk bisa melakukan donor plasma konvalesen ini memiliki  banyak prasyarat sehingga dari 10 orang penyintas/ex pasien Covid-19 hanya 3 orang pegawai BUMN yang memenuhi kategori sebagai pendonor 2 org dari PTPN V dan 1 Org dari PT PLN UIWRKR,” ungkap Vick.

Sebagai salah seorang pendonor, Kepala Bagian  Sekretariat PT PN V Bambang Budi Santoso mengajak kepada para penyintas covid-19 untuk dapat berpartisipasi demi menyelamatkan nyawa saudara kita yang masih berjuang melawan virus ini ditengah tingginya angka kematian karena Covid-19

“Dengan 400 cc Plasma Konvalesen ini dapat menyelamatkan 2 nyawa manusia yang terdampak Covid-19, jadi jangan takut atau malu kepada para penyintas untuk mengikuti donor ini,” kata  Bambang.

Menteri BUMN Erick Tohir dan Ketua PMI Jusuf Kalla , pada saat berlangsungnya acara Donor tersebut secara Virtual melakukan Dialog dengan perwakilan pendonor yang Berada Di Riau,Kalimantan Selatan dan Jawa Timur yang mewakili 34 Provinsi yang hadir saat acara tersebut.

Dalam dialog beliau mengajak semua masyarakat dan Khususnya Pegawai BUMN beserta Keluarga Penyintas/ex pasien Covid-19 agar bisa ikut berpartisipasi membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi Covid-19.