Ribuan Warga Labuhanbatu Setiap Malam Menonton MTQ

Tidak ada komentar 204 views

Ribuan warga menyaksikan MTQ

LABUHANBATU, Riauandalas.com-Antusias masyarakat Kabupaten Labuhanbatu untuk mendengarka lantunan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan para qori dan qori’ah serta menyaksikan seni qasidah pada hari ketiga pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-48 dan Festival Seni Qasidah Ke-33 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 di Lapangan Eks Pasar Baru Jln. Diponegoro Rantauprapat, Senin (18/3/2019) malam terlihat cukup tinggi.

Dilokasi eks Pasar Baru yang telah diratakan dengan tanah itu terlihat ribuan warga masyarakat dari segala penjuru Kabupaten Labuhanbatu tersebut begitu antusias menyaksikan perhelaaan akbar yang bernuansa islami tersebut duduk bersila dihamparan tanah dan plastik terpal berwarna biru untuk mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an dan menyaksikan para kafilah utusan kecamatan tari dan irama seni qasidah diatas mimbar yang bernuansa ‘Mesjid Agung Rantauprapat’ dengan ciri khas warna kuning dan hijau.

Selain warga masyarakat dari lensa camera dan pandangan mata dalam acara/kegiatan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Festival Seni Qasidah di malam ketiga itu, juga terlihat di mimbar utama Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM, Kakan Kemenag Drs. H. Safiruddin, Asisten Adm Pemerintahan & Sosial H. Nasrullah, SH, M.AP, Kadis Kominfo H. Muhammad Ihsan Harahap, Kadis Koperasi Drs. H. Taufiq Siregar, Kaban Kesbang Pol H. Hasnul Siregar, S.Sos, Kasat Pol PP H. Aminullah Haris Nst, SH, Camat Rantau Utara, Camat Panai Tengah, Camat Panai Hilir, Camat Bilah Hulu dan Camat Bilah Barat.

Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-48 dan Festival Seni Qasidah Ke-33 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 yang berthemakan “Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-48 dan Festival Seni Qasidah Ke-33 Kita Aktualisasikan Nilai-Nilai Universal Al Qur’an dan Seni Budaya Islam Untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Yang Rukun Dan Damai” tersebut berlangsung dari tanggal 16 s/d 20 Maret 2019 dengan 23 jenis/cabang perlombaan, ada 6 lokasi/arena perlombaan yaitu di Gedung Nasional Rantauprapat, Mesjid Agung, Mesjid An Nur, Mesjid Ikhlasiyah, SD Negeri 5 dan Arena Utama, Kompleks Eks Pasar Baru Jln. Diponegoro Rantauprapat.

Dari pantauan dilapangan bahwa kegiatan MTQ dan FSQ di hari ketiga di arena utama tersebut, terlihat kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan atau perlombaan musabaqah (MTQ)  jenis Mujawwat Tingkat Dewasa dan Festival Lasqi (FSQ) Tingkat Remaja.

Pada Festival Lasqi (FSQ) pada malam ketiga tersebut, ada 6 kafilah atau peserta yang bertanding di tingkat Remaja dan tampil memukau ratusan/ribuan penonton, untuk Tingkat Remaja Putra yang tampil adalah kafilah atau peserta dari Kecamatan Panai Hilir, Bilah Barat dan Rantau Selatan, sedangkan di Tingkat Remaja Putri yang tampil yaitu dari Kecamatan Panai Hilir, Panai Hulu dan Panai Tengah.

(Fendi Harahap)**

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ribuan Warga Labuhanbatu Setiap Malam Menonton MTQ"