Penerapan Sekolah Full Day Shcool, Riau Selaras Dengan kemendikbud

example banner
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kanto Dinas Pendidikan Prov Riau

“Riau sudah menjalankan sistim Full Day”

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Terkait Keptusuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) RI menerapkan sekolah Full Day School(Satu hari penuh). Anggota DPRD Riau menilai sudah selaras dengan Provinsi Riau. Pasalnya hingga kini di Riau sekolah satu hari tersebut sudah berjalan di Riau yang tinggal penegasan.

Hak itu didampaikan Ketua Komis E DPRD Riau Masnur. Duikatakanya selaku komisi yang membidangi pendidikan, sebelumnya pihaknya telah sudah membahas dengan pihak kabupaten kota se Riau dalam pertemuan Fokus Diskusi terntang pendidikan beberapa waktu lalu. Dimana untuk pendidikan ini kabupaten kota sudah sipa melaksanakan. Terutama pada sekolah kondisinya sudah memadai.

“Kita sudah lama berjalan, maka itu apa yang disampaikan kemendikbud saat ini sudah selaras dengan Riau,” kata Masnur

Prisnsipnya kata Masnur, penerapan sekolah Full Day Shcool tersebut tinggal penegasan dan penguatan. Terutama pada sekolah yang berada di daerah. Karena selama ini penerapan yang belum merata masih banyak di daerah. Dimana dalam waktu dekat ini akan kembali di koordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau.

Memang tambahnya, untuk penerapan full Day School secara merata belum bisa dipaksakan, karena Riau masih ada kendala. Seperti gedung sekolah yang belum memadai untuk melakukan sekolah Full Day School. Maka itu akan lakukan uji coba yang diringi dengan pembangunan gedung sekolah.

“Saat ini sekolah kita masih ada yang masuk sore karena kekurangan lokal, makanya belum bisa merata. Karena itu kita akan uji coba didaerah yang sudah siap melaksnakan,” ujarnya serambi akan meminta Pemprov Riau segera menggesah pembangunan gedung sekolah di Riau.

Semetara Kepala Disdikbud Riau DR Kamsol MM, menyampaiakan, secara pelaksanaan Riau mampu untuk melaksanakan sistim Full Day School. Intinya saat ini tinggal dukungan untuk penggesahan pembangunan fasilitas atau gedung sekolah. Jika dari tenaga pengajar, Riau masih bisa memenuhi. Hal itu bisa dilhat dari sekolah swasta yang sudah banyak menyelenggarakan di Riau.

“Untuk negri sekolah kita juga sudah banyak menerapkan sekolah satu hari. Bahkan siswa SD kita juga sudah penuh satu hari belajar. Itu bisa dilihat dari beberapa SD yang ada di Riau. Diantaranya di Kota Pekanbaru,” kata kamsol.

Selain itu, untuk penerapan seklah satu haru atau Full Day School, ia merasa siswa di Riau juga sudah terbiasa. Sehingga diyakinkan tidak akan menjadi permasalahan di Riau. Apa lagi sistim itu merupakan sistim yang mempu menciptakan siswa lebih bertanggung jawab dan memamfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

“Jika mereka sudah biasa dari sekarang memamfaatkan waktu, sampai besok-besoknya mereka aka terbiasa. Sehingga mereka tidak akan membuang-buang waktu diakhir kelak. Apa lagi menyelenggarakan sistim ini juga berdampak positif menjauhkan siswa dari pengaruh lingkungan,” tutur kamsol. (Dri)