Pendftaran di Tutup, Paslon Idependen Diperhitungkan

Tidak ada komentar 733 views
example banner

KPU_Logo.svg

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru tutup pendaftaan Calon Pilkada Pekanbaru 2017.

Pendaftaran yang dibuka selama tiga tersebut KPU telah menerima sekitar 5 pasangan Calon,m yaitu 3 pasang diusung partai dan 2 pasang dari Independen.

Meskipun untuk pasangan Independen belum ada keputusan dari KPU, kemungkinan besar ada salah satu pasangan independen berpeluang maju ikuti pertarungan Pilkada Pekanbaru 2017 mendatang. Yaitu pasangan Syafril-Said Zohrin. Sehingga pasanan ini wajib menjadi perhitungan bagi paslon lain, termasuk Icumbent.

Menurut pengamat politik Pekanbaru, Herman Nasution, jika pasangan independen dinyatakan memenuhi persyaratan maju Pilkwako Pekanbaru, peluang untuk memenangi pilkada cukup besar. Karena masa pendukung pasangan incumbent ini tidak jauh berbeda dengan incumbent yang bisa mencapai 30 persen. Hal itu bisa dinilai dari bukti dukungan yang menjadi persyaratan pilkada jalur independen. Tambah lagi untuk mendapatkan persyaratan itu tidak semua pasangan mampu mendapatkan.

“Jika data pendukung itu benar, sudah berapa banyak yang pasti memberikan dukungan, maka itu independen ini akan jadi perhitungan, bagi pasangan lain termasuk incumbent,” kata Herman.

Selain itu katanya, pilihan masyarakat bisa saja cendrung pada independen, alasanya, selain jarang terjadi di daerah juga kecendrungan masyarakat tehadap partai. Sehingga masyarakat meberikan pilihan pada pasangan independen.

“Untuk pilihan masyarakat sudah pasti melihat sosok calon dan juga pengusung, maka itu bisa saja terjadi,” katanya.

Kendati demikian, jelasnya bukan berarti independen berebasar hati terhadap pilihan masyarakat, karena independen juga pasti ada penilaian dari masyarakat. Terutama dalam pengalaman calon. Karena trake record calon juga sangat berpengaruh pada pilihan masyarakat untuk memberikan kepercayaan.

“Intinya dalam pilkada ini, selain Incumbent independen cukup diperhitungkan. karena sama memiliki suara pasti pendukung yang menjadi tantangan bagi calon lain,” tutur Herman. (Dri)