Pemerintah Pusat Bantu Riau Penyediaan Ruangan Isolasi

52 views
example banner

PEKANBARU, Riauandalas.com – Pemerintah pusat bantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau penyediaan ruangan isolasi pasien positif Covid 19. Bantuan tersebut menimbang kasus Covid 19 di Riau yang terus mengalami peningkatan drastis dan mengantisipasi terjadinya kekurangan ruangan untuk pasien yang terkomfirmasi di Riau.

Informas tersebut disampaikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya, saat meninjau ruang isolasi pasien positif Covid 19 yang telah disiapkan Pemprov Riau sebelumhya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sekretaris Covid-19, Syahrial Abdi dan juga pihak terkait lainya. Dimana ia mengatakan jika bantuan dari pemerintah pusat tersebut berupa anggaran untuk perhotelan sekelas bintang dua dan tiga.

“Perhotelan tersebut khusus untuk isolasi mandiri pasien positif Covid 19 yang saat ini sedang dimoordinasikan dengan pihak hotel di Riau,” kata Setda.

Kendati ada bantuan dari pemerintah pusat, Serta Yan Prana juga mengatakan, jika ruangan yang disediakan Pemprov Riau masih mampu menampung pasien positif Covid 19. Artinya ruangan tersebut sebagai antisipasi jika penambahan pasien kedepan terus meningkat. Untuk itu ia juga belum bisa memastikan berapa hotel yang akan di gunakan untuk dijadikan ruang isolasi.

“Gedung-gedung yang sudah disiapkan sebelumnya masih mampu dan fasilitasnya masih cukup. Maka itu kita belum bisa pastikan berapa hotel yang akan di siapkan,” ujarnya.

Yang pasti tambahnya, penyediaan hotel tersebut akan ditetapkan sebagaimana mestinya. Sehingga ketika nanti terjadi peningkatan tidak kesalahan dan tinggal digunakan.

“Saat ini bagaimana kita mengatasi penyebaran Covid 19 ini. Maka itu kita juga fokus dalam memutus mata rantai penyebaran dan juga minta masyarakat disiplin dengan protokol kesehatan. Karena jika kita disiplin dengan protokol kesehatan ini, Insyaallah kita bisa mengatasi penyebaran Covid 19 dan segera berakhir di Riau,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pemprov Riau telah menyiapkan ruang isolasi pasien positif Covid 19 sebanyak 1.064 tempat tidur di 15 gedung. Diantaranya Rusunawa ada 90 kamar, di LPMP ada 190 kamar, di Bapelkes ada 70 kamar da beberapa lokasi lainya.

Ruangan tersebut, juga dilengkapi dengan fasilitas lainya yang juga bisa dimanfaatkan oleh pasien positif Covid 19 saat di karantina atau di isolasi dengan baik. (dre)