Pekanbaru Menjadi kota Smart city yang madani

Tidak ada komentar 336 views

PEKANBARU, Riau Andalas.com — Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Pekanbaru segera meluncurkan Smart Card (kartu pintar). Kali ini, untuk mendukung Kota Pekanbaru menjadi kota Smart city yang madani, Pemerintah Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pemko melakukan pertemuan bersama pihak Bank untuk membahas hal tersebut pada hari Jumat (4/8) di Ruang Rapat Kantor Walikota.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST.MT, Para Kepala Dinas, Kepala Bagian dan tamu undangan lainnya.

Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT mengatakan,  demi percepatan menjadikan Pekanbaru menuju kota cerdas ,  maka Pemko akan bekerjasama untuk membuat Smart Card (Kartu pintar). Bahkan,  dalam bulan Agustus ini,  Pemko akan melaunching kartu pintar tersebut pertanda tahap awal. “Kita jajaki kerjasama dengan pihak bank. Setelah deal maka pihak bank akan membuat regulasi kartunya. Makanya, kita sangat mendukung percepatan smart city ini, ” ungkap Wako.

Dijelaskan Walikota,  banyak kegunaan dari Smart Card ini dan bisa juga dipakai sebagai kartu ATM. “Kartu itu nantinya digunakan sebagai pelayanan. Seperti pelayanan di dinas pendidikan,  dinas kesehatan dan dinas perhubungan. Selain itu,  juga digunakan belanja di mall nantinya ” ungkap Firdaus.

Sementara itu,  Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika  statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra menjelaskan bahwa untuk percepatan menjadikan Pekanbaru kota pintar,  Diskominfo terus menjalin berbagai kerjasama dengan perbankan di Pekanbaru. Sebab dengan adanya kerjasama ini,  maka pihak bank siap menyedikan kartu yang bisa digunakan  di beberapa fungsi.

“Jika nanti sudah kita lakukan kesepekatan kerjasama,  maka kita akan sedikan kartu pintar ini. Bahkan,  kartu ini bisa digunakan banyak fungsi. Intinya untuk kemudahan pelayanan , sehingga masyarakat akan mudah untuk transaksi, ” ujar Eka.

Ditambahkan Eka,  untuk mendapatkan kartu pintar itu,  tidaklah rumit hanya menyerahkan NIK. “Jadi pihak bank yang akan menyediakan tempat pelayanananya.  Oleh sebab itu, kartu pintar ini bisa digunakan oleh masyarakat. Bila tidak ada halangan untuk tahap awal kita akan keluarkan kartu perdana,” harap Eka. (Kominfo/1)

 

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pekanbaru Menjadi kota Smart city yang madani"