Pasar 1000 Durian di Objek Wisata Danau Sipogas Dibanjiri Pengunjung

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Even “Pasar 1000 Durian”yang baru pertama kali digelar Pemkab Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) di kawasan objek wisata Danau Sipogas Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah,  Sabtu (2/2/2019) dibanjiri ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Even ‎Pasar 1000 Durian sekaligus pengukuhan Pengurus Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rohul juga pengukuhan enam Kelompok Sadari Wisata (Pokdarwis), dihadiri‎ Bupati Rohul H. Sukiman dan Sekretaris Daerah Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si.

Juga hadir Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, Waka Polres Rohul Kompol Willy, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, Ketua GenPI Riau Osvian, Tokoh Riau drh. Chaidir MM.

Termasuk hadir para asisten, Kepala Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Rohul, Kabid Pengembangan Pariwisata Provinsi Riau Raja Hendra, Ketua GenPI Riau Osvian Putra, para Camat, serta Kepala Desa dan Lurah se-Rohul, pengurus Pokdarwis se-Rohul, dan ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Rohul dan luar Rohul, juga sejumlah komuintas kendaraan roda dua.

Bupati Rohul Sukiman dalam amanatnya, sangat mengapresiasi even Pasar 1000 Durian yang digagas Disparbud Rohul, bersama GenPI Rohul dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul.

‎”Saya bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan, ini sebagai ajang mempromosikan objek wisata di Rohul. Kedepannya, ini akan kita agendakan menjadi agenda tahunan,” kata Bupati Sukiman.

Bupati juga mengaku, meski bangga Bupati mengharapkan agar jangan hanya keindahan saja yang ditata dan ditingkatkan, namun‎ faktor keselamatan pengunjung juga perlu diperhatikan, terutama di objek wisata Danau Sipogas.

“Selain kita meningkatkan potensi pariwisata, perlu juga diperhatikan faktor keselamatan (pengunjung),” pesan Bupati Rohul Sukiman.

Bupati Menangkan Lelang Durian Harga Tertinggi Rp1,5 Juta.

Dari even tersebut, ternyata ada dua durian terkenal di Kabupaten Rohul yang paling diminati, dan harganya tembus sampai Rp 1,5 juta, dan Rp700 ribu per buahnya. Kedua jenis durian termahal yang terjual.

Dari dua jenis durian yang dilelang di even Pasar 1000 Durian, yakni jenis tembaga  asal Pawan Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah, dan durian asal Pumandang Kecamatan Rokan IV Koto.Durian asal Pawan Desa Rambah Tengah Hulu dibuka lelang dengan harga Rp 10 ribu dan laku dibeli oleh El Bizri, Kepala Bapenda Rohul yang baru dilantik dengan harga tertinggi Rp 700 ribu.

Kemudian, durian asal Pumandang Kecamatan Rokan IV Koto awal lelang dibuka harga Rp 500 ribu, namun laku dengan harga tertinggi Rp 1,5 juta yang dibeli oleh Bupati Rohul H. Sukiman.

Diakui Bupati Sukiman, durian seharga Rp 1,5 juta hasil lelang asal Kecamatan Rokan IV Koto sudah dicicipi bersama pejabat Forkompinda dan pejabat Pemkab Rohul di lokasi even Pasar 1000 Durian di objek wisata Danau Sipogas Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah.

Menurutnya, durian jenis tembaga asal Rokan IV Koto tersebut rasanya‎ sangat enak, dan beda dengan durian dari daerah lainnya. Karena, selain buah besar, isi berwarna kuning tembaga, dan daging buah tebal.

“Wah, rasanya manis dan ada pahit‎nya. Pokoknya enak rasanya,” ucap Bupati Rohul Sukiman, usai even Pasar 1000 Durian.

‎Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul, Drs. ‎Yusmar M.Si, mengatakan, dirinya tidak merasakan durian yang dibeli Bupati Rohul seharga Rp 1,5 juta.

Tapi  ungkap Yusmar, umumnya dua durian‎ yang dilelang merupakan jenis durian tembaga, dan di pasaran dijual di pasaran paling murah seharga Rp 15 ribu, tergantung besar kecilnya buah.

Kepala Disparbud Rohul, Yusmar‎ juga menyatakan, dieven Pasar 1000 Durian‎ di Danau Sipogas, merupakan even pertama digelar dinasnya bersama GenPI Rohul.

Di even pertama Pasar 1000 Durian jelas Yusmar, ada sekitar 3.000 pengunjung yang datang ke Danau Sipogas, mereka ikut menikmati durian khas Rohul yang disediakan panitia, seperti dari Desa Menaming, Pawan Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Sialang Jaya, Pumandang, Kelurahan Rokan, dan Cipang Raya.

Dimana para pengunjung, dapat menikmati buah durian sepuasnya dengan membayar voucer Rp50 ribu, itu sudah termasuk tiket masuk ke objek wisata. Dimana sekitar 1.500 buah durian yang disediakan panitia di enam lapak, ludes diserbu pengunjung. Durian paling diminati sendiri yakni durian asal, Menaming, Sialang Jaya, Pawan dan asal Pumandang.

“Untuk Rokan Kanan itu‎ adalah Pawan, sehingga kita pakai satu tadi untuk lelang, dan daerah Rokan Kiri itu Pumandang,” ungkap Yusmar.

Yusmar mengatakan, Disparbud Rohul akan menggelar even yang berbeda dalam meningkatkan potensi pariwisata yang ada. Sedangkan untuk Pasar 1000 Durian karena menyesuaikan musim.

“Kalau untuk Pasar 1000 Durian tahunan, karena dia pakai musim. Rencananya, kita karena didukung pak Bupati Rohul dan pak Sekda Rohul tadi‎, akan diteruskan sebagai even tahunan,” ungkap Yusmar.

Walaupun mendapat dukungan diakui Yusmar, even Pasar 1000 Durian perlu dilakukan evaluasi bersama, sehingga even tahun berikutnya lebih meriah lagi.

Sikapi kegiatan itu,Ketua GenPI Riau, Osvian Putra‎ mengatakan, GenPI merupakan sebuah komunitas yang sengaja dibentuk Kementrian Pariwisata (Kemenpar), beranggotakan kalangan anak muda yang tujuannya untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerahnya masing-masing.

“Bahwa potensi pariwisata yang kita promosikan bisa saja objek wisata dan kulinernya,” kata Osvian Putra.

Pada acara Pasar 1000 Durian yang digagas Disparbud Rohul bersama GenPI Rohul di Danau Sipogas sangat baik dan positif. Apalagi Danau Sipogas berlokasi di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah yang dulunya merupakan sebuah bendungan atau irigasi suplemasi Kaiti-Samo, diakui Osvian kini telah berubah menjadi objek wisata menarik di Kabupaten Rohul.

Osvian mengharapkan, Kabupaten Rohul bukan hanya dikenal sebagai Negeri Seribu Suluk dan kebun sawitnya saja, namun potensi pariwisata yang ada juga dikenal masyarakat luar daerah.

Lantik ‎Pengurus GenPI Rohul dan Kukuhkan 6 Pokdarwis

Di di even Pasar 1000 Durian di objek wisata Danau Sipogas, Sabtu sore,  juga digelar pengukukan Pengurus Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rohul dan enam pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Pengurus GenPI Rohul diketuai Tanti Ekasari SS, M.Si, dan dikukuhkan Ketua GenPI Provinsi Riau Osvian Putra, disaksikan Bupati Rohul H. Sukiman dan Sekda Rohul H. Abdul Haris. Bupati Sukiman juga mengukuhkan enam Pengurus Pokdarwis,‎ seperti Pokdarwis Baraw Satu Kelurahan Rokan, Baraw Dua Desa Koto Ruang‎.

Kemudian, Pokdarwis Goa Serombou Desa Serombou‎, Pokdarwis Generasi Maju Desa Bangun Purba, Pokdarwis Laskar Syekh Abdul Wahab Rokan Desa Rantau Binuang Sakti, dan Pokdarwis Remsi Jaya Desa Sialang Jaya.

Bupati Sukiman mengharapkan dengan dikukuhkannya pengurus GenPI Rohul dan enam Pokdarwis, maka potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Rohul terpromosikan dengan baik. Selain itu, Pokdarwis juga diharapkan ikut memajukan potensi pariwisata yang ada di desa/ kelurahan di tempat tinggalnya, dan turut membantu membangkitkan perekonomian masyarakat.‎

 

AlfianTob)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0852 6596 3225
via EMAIL: riau_andalas@yahoo.com atau Riauandalas@gmail.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pasar 1000 Durian di Objek Wisata Danau Sipogas Dibanjiri Pengunjung"