Kado Ulang Tahun Pekanbaru ke 232 dan HUT RI ke 71

Tidak ada komentar 712 views
example banner

aduhh

Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1  Pekanbaru Terbaik  II Nasional

JAKARTA, Riau Andalas.com– Kerja keras tidak pernah mengkhianati hasilnya. Syukur Alhamdulillah SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru berhasil menjadi Terbaik II Pada Perlombaan Perpustakaan Sekolah tingkat SMA Nasional 2016 di Jakarta.

Ini berarti tahun kedua, Kota Pekanbaru berhasil mempertahankan juara II di tingkat nasional. Tahun lalu, MAN 1 Pekanbaru juga meraih juara 2 tingkat nasional 2015 untuk perlombaan Perpustakaan Sekolah.

SMA Muhammdiyah 1 Pekanbaru berada di posisi kdua setelah diungguli oleh SMA Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta Provinsi Yogyakarta dan posisi Juara 3 diraih oleh SMA Negeri 2 Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur.

Hal itu ditandai dengan penyerahan  dan penghargaan Selasa malam (16/8/2016)  di Balai Kartini Jl. Gatot Subroto Jakarta dalam acara Nugra Jasadarma Pustaloka Tahun 2016 oleh i  kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak Drs. H. Syarif Bando, M.Si

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru Ir Hj Nelfiyonna  MSi yang didampingi Kasubid  Pembinaan Perpustakaan Nurfasari Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si bahwa prestasi SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru bukan hal mdah diraih,  kerjasama Pemko Pekanbaru melalui BPA  serta komitmen SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dalam mewujudkan perpustakaan yang baik dan diminati oleh para siswa dan akademisisi sekolah.

“Perpustakaan Khairul Ummah SMA Muhamadiyah 1 Pekanbaru  mewakili Provinsi Riau berkompetisi di ajang lomba perpustakaan SMA tingkat Nasional, dimana Iswayudi yang mempersentasekan profil pustaka SMA Muhammadiyah di hadapan tim juri Nasional, tampil memukau,’’ ujar Nelfi Yona

Ditambahkan Yona, bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru terus berupaya mamajukan pendidikan di Pekanbaru umumnya termasuk pendidikan melalui perpustakaan. Wujud pembinaan yang dilaksanakan oleh Bidang Pembinaan Perpustakaan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru yang dipimpinnya.

“Maju terus perpustakaan. Maju terus pendidikan. Semoga Pekanbaru sebagai Smart City sebagaimana yang dicita2kan Bapak Walikota Pekanbaru DR H. Firdaus, ST, MT melalui visi antara kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang Madani segera terwujud,’’ ungkap Yona dengan penuh suka cita.

pustaka penghargaan

Kado HUT RI ke 71 Tahun 2016

Penghargaan  Nugra Jasadarma Pustaloka  untuk Walikota Pekanbaru

JAKARTA, Riau Andalas.com– Prestasi yan membanggakan kembali diraih oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, satu penghargaan bergensi dari Perpustakaan Nasional yang diberi nama Pengharagan  Nugra Jasadarma Pustaloka, diberikan kepada Walikota Pekanbaru yang dinilai memiliki konstribusi yang angat besar dalam pengembangan perpustakakan dan minat baca di daerahnya.

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional  Republik Indonesia Drs. H. Syarif Bando, M.Si dalam acara malam anugrah Pustaka, yang digelar, Selasa (16/8/2016) kepada Walikota Pekanbaru yang diwakili Kepala Badan Perpustakakan dan Arsip  Nelfi Yona, di Balai Kartin Jakarta.

Nelfi Yona  yang didampingi Kasubid Pembinaan Pustaka Nurfasari, menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima Walikota melengkapi prestasi bidang perpustakaan yang diraih Kota pekanbaru, dimana dalam acara yangs sama SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru  menerima hadiah terbaik II Nasional Perpustakaan tingka SLTA seluruh Indonesia.

“Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka diberikan untuk tokoh dan masyarakat yang berkontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerah masing-masing. Walikota kita dinilai memiliki kriteria tersebut,’’ ujar Yonna .

Perpustakaan Nasional merasa bersyukur atas peran para tokoh nasional, tokoh daerah dan tokoh masyarakat pada umumnya yang telah menyumbangkan dedikasi dan pemikirannya sehingga perkembangan perpustakaan dan gerakan gemar membaca menjadi perhatian masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Dijelaskan Yona bahwa dari pidati Kepala Perpustkaan Nasional disebutkan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat mendorong semangat para pimpinan daerah lainnya agar perpustakaan dan minat baca menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas SDM. Apalagi dengan adanya Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, pengembangan perpustakaan di daerah, provinsi dan kabupaten/kota menjadi urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh kepala daerah.

“Nugra Jasadarma Pustaloka diberikan kepada Bapak Walikota kita sebagai Pemimpin Daerah yang dipandang berhasil memfasilitasi dan mendorong pembudayaan kegemaran membaca seperti  penyediaan bahan bacaan yang murah, bermutu dan terjangkau serta penyediaaan sarana dan prasarana perpustakaan yang mudah diakses,’’ ulas Yonna lagi.(Avd)***