Jumlah DPT Dumai Diprediksi Meningkat

Tidak ada komentar 573 views
example banner

Darwis,S,Ag selaku ketua KPU kota DumaiDUMAI,RIAUANDALAS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai  memprediksikan jumlah data pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dumai 2015  meningkat jika dibandingkan dengan data Pemilu terakhir.

Ketua Komisi pemilihan umum (KPU) Dumai Darwis Sag menjelaskan, jumlah pemilih akan mengalami perubahan, baik itu lebih banyak atau lebih sedikit dibandingkan data pemilu sebelumnya, Hal ini berdasarkan jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada Dumai 2015 mencapai 168.017 jiwa.

Setelah ditetapkan DPS, KPU masih memberi kesempatan kepada warga yang tidak terdata agar melapor ke Lurah atau ke PPS, dengan batas waktu hingga 25 September 2015 lalu.

Dari data tersebut, diakui darwis masing-masing kelurahan banyak  warga sampaikan  laporan bahwa dirinya belum terdata, Alhasil dari data laporan tersebut KPU telah memflow Up seluruh penambahan data diluar DPS setiap kelurahan.

“semua data dientri kedalam sistem komputer, jadi jika ada data ganda akan langsung terbaca didalam sistem. Setelah dientri, barulah KPU menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT )yang rencananya dilaksanakan Kamis (1/10) hari ini,”katanya.

Menurut darwis,  faktor dominan yang mempengaruhi peningkatan jumlah pemilih ini karena banyaknya pemilih pemula. Pemilih kategori ini yakni pemilih yang sudah berusia minimal 17 tahun atau sudah pernah menikah pada saat pemilihan.(*)