Indra Sakti SH, MM resmi di Lantik Menjadi Sekda Pariaman

example banner

92sekda-baru-pariaman

PARIAMAN, Riau Andalas.com – Walikota Pariaman Drs. Mukhlis Rahman MM, melantik dan mengambil sumpah Indra Sakti SH, MM sebagai Sekda (Sekretariat Daerah) menggantikan Ir.Armen MM, di Aula Balaikota pada Jumat (19/8/2016).

Walikota Pariaman menyebutkan, semenjak Kota Pariaman berdiri sudah ada 4 kali pergantian Sekda. dan masa jabatan Sekda. yang paling lama di jabat oleh Ir. Armen MM yang dilantik pada 7 Januari 2011 lalu.

Mukhlis juga menyebutkan proses seleksi pemilihan Sekda. baru sudah berlangsung semenjak tiga bulan belakangan melalui tim seleksi independen, kemudian didapatkanlah 3 nama kandididat calon Sekda. yang diapungkan kepada Walikota, setelah itu berdasarkan hak prerogatif Walikota hanya dipilih satu nama yang diinginkan, selanjutnya di usulkan ke Menpan.

“Ini memang sudah kebutuhan dan sesuatu yang wajar di pemerintahan yang mana mutasi dan rotasi tersebut sudah kebutuhan SOTK (Struktur Organisasai Tata Kelola) di lembaga ASN (Aparatur Sipil Negara), dan tentunya pemerintahan butuh penyegaran pula. Sebagaimana kita ketahui sudah 5 tahun lebih Ir. Armen menjabat sebagai Sekda Pariaman dan akan memasuki masa pensiun,” kata Wako setelah pelantikan.

Wako berharap dengan telah dilantiknya Sekda yang baru untuk bisa lebih meningkatkan disiplin kerja ASN, dan yang selama ini sudah bagus agar dipertahankan dan ditingkatkan dan yang masih kurang tugas Sekda. barulah yang membenahinya.

Mukhlis mengakui tugas kedepan memang berat dalam menjalankan visi misi Kota Pariaman, terutama dalam internal ASN sendiri, oleh sebab itu butuh penataan dari Sekda. sebagai pejabat tertinggi di dalam ruang lingkup pegawai negeri sipil.

“Oleh karena itu Jika Sekda. nya kurang berperan ya lemah pulalah Walikota jadinya. maka saya mintak pada Sekda. yang baru untuk lebih energik , kuat dan mau keatas/kebawah. bisa mengayomi dan memfasilitasi antara bawahan atasan termasuk dengan SKPD, sehingga ia bisa menjadi lading sektor yang handal dalam menjalankan roda pemerintahan,” ulas Mukhlis.

Mukhlis mengatakan pilihan dijatuhkan pada Insak (Indra Sakti) karena ia memang lebih layak dan terbaik dari yang lain untuk menjadi Sekda. pengalaman , menjadi PNS paling lama, memiliki Jabatan mulai dari bawah eselon terendah hingga terus ke atas, sehingga fungsi2 koordinasi sudah dimiliki oleh Indra Sakti dan sudah golongan IV C.

Dikesempatan terpisah Indra Sakti mengatakan, hanya tinggal melanjutkan kepemimpinan yang sudah di jalankan oleh Sekda yang lama, dan mempertahankan yang sudah bagus. “Sebetulnya pak Armen itu sudah Senior dan hampir 6 tahun menjadi Sekda. dan kita hanya melanjutkan kemudian yang perlu untuk ditingkatkan seperti disiplin PNS yang harus di Evaluasi seterusnya program masing2 SKPD perlu di persamakan lagi, karena dalam bekerja itu harus bersama-sama, tidak bisa krerja sendiri-sendiri. jadi kerjasama itulah yang paling penting,” kata Indra.

Menyangkut penataan dan reformasi birokrasi ia mengatakan, bahwa Sekda. lama telah mengajukan SOTK pemerintahan baru sebagaimana diatur PP No. 18 th 2016, dan sudah diajukan ke DPRD oleh Ir.Armen.

“Nanti kita bahas lagi bersama dengan DPRD kan patronnya sudah ada, cuma kita melihat lagi kesesuaian daripada visi misi Pemko. Pariaman dan jika kondisinya dirasa penting maka kita evaluasilah secara bersama SKPD dan Pemerintahan,” tutup Sekda. Pariaman Indra Sakti.

Walikota menyampaikan untuk sementara Ir. Armen akan ditempatkan sebagai staf Ahli, mengingat masa karirnya yang masih panjang di dunia pendidikan, kemungkinan ia akan kembali ke profersi lama menjadi dosen negeri dan Dirtektur di ATIP Padang. sedangkan jabatan kepala DPPKA yang ditinggalkan oleh Indra Sakti akan di jabat sementara oleh Sekretaris sebagai plt. DPPKA. (warman)

Sumber Minangkabaunews