Grand Opening Tingkatkan Layanan Kunjungan di LP Kls II B Pasir Pangaraian Berlangsung Meriah

example banner

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pangaraian, saat ini terus berupaya tingkatkan layanan publik, bagi para pengunjung, yakni meningkatkan Fasilitas layanan kunjungan, meskipun diguyur hujan deras namun tidak menyurutkan pengunjung yang hadir dari berbagai Komunitas, kegiatan ngopi bareng tersebut digelar di Caffe yang berdampingan dengan Lapas Kls II B pasir Pengaraian Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu – Riau, Selasa (26/02/2019( Malam.

Tampak Hadir dalam Acara tersebut, Sekda Rokan Hulu H.Abdul Haris S.Sos
M.Si,Kapolres Rokan Hulu M.Hasyim Risahondua S.IK M.Si, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, SH M.Hum
Ketua Pengadilan Negri Pasir Pengaraian Sahrudi SH.MH, Danramil 02 Rambah beserta anggota dan Forkopimda, serta KPLP Parlin Simanjuntak dan seluruh Petugas Lapas.

Selain itu tampak dalam menyemarakan Grand Opening Tingkatkan Fasilitas layanan tersebut juga hadir Para Advocate, Komunitas Music,Komunitas NMax, Para Tokoh Masyarakat dan Pemuda serta para undangan Lainnya ,

Dalam sambutannya Kalapas Kelas II B Pasir Pangaraian Muhamad Lukman, menyampaikan kegiatan Grand Opening Pas Kopi sebagai bentuk sarana Sillaturahmi kepada masyarakat sesuai dengan Program Lapas kls II B Pasir Pengaraian yakni untuk memberikan Pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Kalapas mengatakan ” tempat kegiatan ini, jika siang hari sebagai tempat layanan bagi masyarakat yang akan membezuk keluarganya sebagai warga yang dibina disini ” paparnya.

Bagi Pengunjung Pihaknya juga telah menyiapkan layanan untuk bermain bagi anak anak, bahkan telah disediakan tempat untuk ibu yang menyusui.
” jadi Pas kopi ini untuk para pengunjung agar bisa minum kopi sambil nyantai disini, kemudian memanfaatkan kearifan lokal sebab di sekitar kita ini ada masyarakat yang memproduksi gula aren sehingga kita manfaatkan potensi kearifan lokal tetsebut ” Terangnya.

Suasana Grand opening Tingkatkan Layanan Kunjungan tampak Meriah, karena Pengunjung dihibur dengan nyanyi bersama Sekda, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan dan Kalapas, yang diiringi oleh grup Band Tambusai dan Band Trali Besi  dari warga Binaan.

Untuk di ketahui Sebelumnya Kalapas juga telah berupaya melakukan Peningkatan fasilitas layanan di lapas Kelas II B Pasir Pangaraian sebagai bentuk komitmen, dalam mewujudkan Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian, sebagai wilayah Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi ( WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dari pantauan awak media,Salah satu fasilitas layanan yang ditingkatkan, yakni tempat pendaftaran dan layanan kunjungan. pihak lapas saat ini Pihak Lapas telah membuat  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan transparan.

Selain itu,  fasilitas tempat pendaftaran dan layanan kunjungan,  pihak lapas juga meningkatkan fasilitas layanan pendukungnya, seperti ruang tunggu yang nyaman dan Ruang Laktasi (Ruang Ibu Menyusui) .

Pihak Lapas juga sepertinya  telah berkomitmen untuk menjadikan lapas kelas IIB Pasir Pangaraian, sebagai fasilitas Publik yang Ramah Anak, hal itu ditunjukan dengan sudah disediakannya fasilitas permainan anak yang bisa dimanfaatkan bagi pengunjung yang membawa anak.

Kepada Wartawan Kalapas mengatakan “Bila untuk berkunjung, memang tidak bisa langsung bertemu. Karena ada SOP-nya karena keterbatasan tempat di dalam juga, maksimal hanya 60 pengunjung, kalau penuh terpaksa mereka harus antri mendapatkan giliran besuk,” ‎sebutnya.

Lukman Menambahkan, di kawasan layanan lapas kelas II B, pihaknya juga sudah menyediakan tempat ngopi yang bernama Aren Pas koffe. Nama aren itu sendiri diambil karena daerah sekitar Lapas Kelas II B sebagai daerah penghasil Nira Aren (enau) serta gula aren.”Jadi kita sekaligus memasarkan kopi aren dan ‎gula aren nira Kaiti. Kita juga mempromosikan dan mengangkat produksi lokal seperti gula aren nira kaiti,” Tandasnya
*** (Alfian Tob)