Dukungan Gugat SK RTRW Riau Terus Bertambah

Tidak ada komentar 572 views
example banner

Pengamat Riau Sebut DPRD Riau Berpeluang Menang

Pekanbaru, Riau Andalas.com– Dukungan Anggota DPRD Riau akan menggugat Surat Keputusan (SK) RTRW No 314 tahun 2015 ke rana hukum terus bertambah. Jika sebelumnya hanya 2 orang yaitu Asri Auzar dan Suhardiman Amby, kini sudah menjadi 8 orang yang bertambah sekitar 6 orang dari beberbagai fraksi di DPRD Riau.

Gugatan yang direncanakan dilakukan dalam waktu dekat ini, Anggota Komisi D DPRD Riau Asri Auzar, sebelumnya telah menyampaikan, gugatan itu karena tidak sesuai dengan apa yang telah diajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pada hal pengajuan tersebut merupakan kebutuhan dan berkaitan dengan perekonomian masyarakat yang tidak diakomidir oleh pemerintah pusat.

Menanggapi perjuangan Anggota Dewan tersebut, beberapa Pengamat pemerintahan di Riau. Seperti pengamat hukum dan tata pemerintahan Riau Indra Maxaxai, menyampaikan Dewan memiliki peluang untuk memenangkan gugatan. Intinya gugatan yang diajukan itu bisa meyakinkan dan membuktikan pada hakim untuk memutuskan.

“Kalau melihat kondisi dan situasi, kemungkinan menang itu besar pada DPRD Riau. Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah tentang legal standing dan jjuga keputusan hakim mengabulkan atau tidak gugatan yang dilakukan DPRD Riau,” katanya.

Kesempatan yang dimiliki itu jelasnya, secara aspek teoritis, kemungkinan untuk dikabulkan bisa saja. Tambah lagi materi muatan dari SK Menteri Kehutanan itu, nantinya akan dihubungkan atau di sesuaika dengan peraturan undang-undang yang terkait.

“Saat ini apakah SK tersebut lahirnya sudah secara prosedur atau tidak dan apakah sesuai dengan azas-azas hukum pemerintahan. Maka itu kesempatan menang bisa besar oleh anggota DPRD Riau,” tuturnya. (Dri)