Dibuka Asisten I Setda Rohul, MTQ Ke V Kabun Diharapkan Ciptakan Generasi Qur’ani

example banner

KABUN, Riauandalas.com – Rangkaian pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) salah satunya Pawai Ta’aruf menjadi tradisi umat Islam untuk mensyiar Islam tentang Khasanah budaya Islam yang ada di “Negeri Seribu Suluk”.

Melalui MTQ ke V tingkat Kecamatan Kabun, diharapkan dapat memperluas wawasan untuk memperdalam ilmu pengetahuan menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi generasi Qurani yang memiliki Akhlak Yang Mulia.

Pernyataan itu disampaikan Asisten I Setda Rohul M. Zaki S.STP M.Si mewakili Bupati Rohul H. Sukiman saat membuka dan melepas Pawai Ta’aruf MTQ ke V Tingkat Kecamatan Kabun, Kabupaten Rohul, yang dipusatkan dilapangan Desa Kabun, Jum’at (29/3/2019) yang dimulai sekira Pukul 15.00 Wib.

MTQ ke V tingkat Kecamatan Kabun tahun 2019 ini dengan mengusung tema “Mari kita tingkatkan pemahaman dan Pengamalan isi kandungan Alquran untuk masyarakat Kabun yang berakhlakul karimah”.

Tampak juga hadir pada kegiatan itu, Anggota DPRD Rohul Moh. Aidi, Camat Kabun Anang Perdana Putra S.STP, Kapolsek Kabun AKP Didi Antoni SH MH, KUA, Upika,  Kepala Desa Aliantan M.Rois Zakaria SE, Kepala Desa se Kecamatan Kabun dan Peserta MTQ.

Lanjut Zaki, atas nama Pemerintah Kabupaten Rohul mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan semua pihak yang telah turut memeriahkan pawai ta’aruf dalam rangka pembukaan MTQ ke-V tingkat kecamatan Kabun tahun 2019.

Menurutnya, Al-quran merupakan kitab suci yang diturunkan untuk menjadi tuntutan dan pegangan bagi umat manusia khususnya umat Islam agar memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat.

“Sebagai kitab suci Alquran syarat dengan inspirasi dan motivasi sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk memperluas wawasan memperdalam ilmu pengetahuan menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi generasi Qurani yang memiliki Akhlak Yang Mulia MTQ sebagai salah satu upaya umat Islam dalam menjadikan Alquran berfungsi bagai pedoman bagi umat muslim dalam kehidupannya,” katanya

Tambah Zaki, perhelatan MTQ ini juga memiliki peran penting dalam kehidupan umat Islam, apabila umat Islam di kecamatan Kabun ini mau dan bisa memetik hikmah dari pelaksanaan MTQ ke V, ini maka cita-cita besar untuk menjadikan masyarakat yang Qurani akan segera terwujud.

“Dengan demikian umat Islam di kecamatan Kabun ini telah memberikan kontribusi yang nyata untuk melangkah menaiki anak tangga berikutnya untuk bersama-sama mempercepat tujuan visi Kabupaten Rokan Hulu 2016-2021 berbagai pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya

Zaki, yang juga mantan Camat Kabun ini berharap MTQ ke V tingkat Kecamatan Kabun ini benar-benar dijadikan filter (penyaring) berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selaras dengan isi kandungan Alquran.

Sementara itu, Kades Kabun Amri dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQ ke V tingkat kecamatan Kabun ini sesuai dengan surat Keputusan Camat nomor 285 tentang pembentukan panitia pelaksana MTQ ke V Kecamatan Kabun ini ditunjukkan Desa Kabun selaku tuan rumah.

Dikatakan Amri, maksud dan tujuan pelaksanaan MTQ ini untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan Pengamalan isi kandungan Alquran. MTQ ini juga sebagai ajang seleksi qori dan qoriah tingkat kecamatan dan nantinya untuk diikutsertakan dilombakan di tingkat Kabupaten 8 April 2019 mendatang.

MTQ ke V tingkat Kecamatan Kabun ini memperlombakan 5 cabang, Tahfizh, Tilawah, Tartil, Fahmil dan Syarhil Qur’an Yang diikuti 94 peseta dari 6 Desa se Kecamatan Kabun.(**Alfian Tob)