Di Tengah Pandemi COVID 19, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rohul ke XXI Sederhana Namun Penuh Makna

example banner

ROKAN HULU,Riauandalas.com-Walapun Perayaan hari jadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ke-XXI, Senin (13/10/2020) ditengah Pandemi COVID 19, digelar secara sederhana, namun tidak mengurangi arti dan makna hari jadi Negeri Seribu Suluk.

Pada apat paripurna istimewa DPRD Rohul di gedung DPRD Rohul, mengusung tema “Dengan hari jadi Kabupaten Rokan Hulu ke – 21, mari kita sukseskan Pilkada 2020, selamat dari Pandemi Covid-19 menuju Rokan Hulu aman dan masyarakat sejahtera”.

Di rapat paripurna istimewa, dipimpin Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Forkompinda, sejumlah mantan Bupati Rohul, juga Anggota DPRD Riau Kelmi Amri, Sariantoni, Syafaruddin Poti, Syamsurizal, Adam Syafaat, tokoh perjuangan pendiri Rohul Damsir Ali, tokoh agama, tokoh masyarakat,

Juga hadir paslon nomor urut 1 Hamulian-M Sahril Topan, paslon nomor urut 2 Sukiman-Indra Gunawan dan Paslon nomor 3 hanya dihadiri cawabup Erizal. Di tempat berbeda, Sekda Abdul Haris, para Asisten, Kepala OPD mengikuti rapat paripurna secara virtual di pendopo rumah dinas Pjs Bupati Rohul, sedangkan Camat, lurah dan Kepala desa, juga mengikuti rapat paripurna HUT Rohul ke XXI secara virtual di masing masing kecamatan.

Pjs Bupati Rohul Drs H. Masrul Kasmy M.Si dalam sambutannya mengatakan, di momentum hari jadi Kabupaten Rohul ke-21, ada dua hal penting yang biasanya selalu dibicarakan dan diingat. Pertama tentang tokoh dan orang-orang yang berjasa terhadap lahirnya Rohul.

Itu cukup beralasan kata Masrul, karena mereka tergabung dalam tokoh-tokoh daerah berjuang untuk keberadaan Negeri ini dengan tujuan meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy mengaku, saat ini geliat pembangunan di Kabupaten Rohul sejak dari tahun pertama dimekarkan 1999 hingga kini tahun 2020, bahwa secara makro Kabupaten Rohul dalam usianya yang ke – XXI telah mengalami perkembangan dan peningkatan berarti. Hal ini dapat dibuktikan secara administratif Rohul waktu berdirinya tahun 1999 silam. Bahkan sesuai data BPS tahun 2000, Kabupaten Rohul terdiri dari 7 Kecamatan, meliputi 80 desa, dan 6 Kelurahan dengan jumlah penduduk saat itu 265.686 orang. Kini sudah menjadi 16 Kecamatan, 139 desa, dan 6 Kelurahan. Terjadi peningkatan jumlah Kecamatan sebesar 128 persen, peningkatan jumlah desa 66 persen dan peningkatan jumlah penduduk sebesar 261 persen. (Galeri Foto/ Dinas Komunikasi Informasi Rokan Hulu)